DEGRADASI NILAI GOTONG ROYONG PADA LINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI PADA SMA NEGERI 1 BAJENG)

Ali Suparman(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3169

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Upaya yang diambil sekolah dalam menanggulangi degradasi nilai gotong royong pada lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Bajeng, 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi degradasi nilai gotong royong pada lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Bajeng. Jenis penelitian ini kualitatif dengan penentuan informan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplaykan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data  yaitu Trianggulasi Metode atau teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang diambil sekolah dalam menanggulangi degradasi nilai gotong royong pada lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Bajeng yaitu: (a) kegiatan Jum’at bersih, (b) kegiatan zero sampah, (c) piket kelas, (d) Even Perlombaan (kelas bersih dan terindah), (e) guru atau pendidik dengan menggunakan metode pembelajaran kerja kelompok, (f) pemasangan rambu-rambu sekolah. 2) Faktor yang mempengaruhi degradasi nilai gotong royong yaitu (a) rasa malas akibat kurangnya sosialisasi dan pembiasaan sejak dini dari keluarga dan lingkungan tempat tinggal, (b) perubahan sosial yang terjadi seperti kemajuan zaman dan teknologi, (c) faktor pertemanan, (d) strata sosial (kondisi ekonomi seseorang).

 

Kata Kunci: Degradasi, Nilai Gotong Royong, Lingkungan Sekolah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 829 times | PDF view : 256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.