PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM RANGKA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS 3 DI MAN 2 MODEL MAKASSAR)

Rasfinahda Rasfinahda Nur(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3162

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana bentuk reward dan punishment yang diberikan oleh guru pada siswa kelas XI IPS 3 di Man 2 Model Makassar. (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI IPS 3 di Man 2 Model Makassar sebelum mendapat reward dan punishment dari guru. (3)  Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI IPS 3 di Man 2 Model Makassar setelah mendapat reward dan punishment dari guru. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dan di analisis dengan menggunakan 3 tahapan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Bagaimana bentuk reward dan punishment yang diberikan oleh guru pada siswa kelas XI IPS 3 di Man 2 Model Makassar, meliputi pujian berupa isyarat dan kata-kata seperti pemberian jempol, applause, tulisan pada tugas siswa, pemberian nilai tambahan (nilai plus) buat siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar, dan punishment buat siswa yang melanggar itu seperti membersihkan, dijemur, panggilan Orang Tua dan DO (Drop Out). (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI IPS 3 di Man 2 Model Makassar sebelum mendapat reward dan punishment dari guru, yakni mereka telah mempunyai semangat belajar yang cukup baik, dan mempunyai motivasi untuk belajar salah satu tujuannya karena adanya reward atau menghindari hukuman (punishment), karena ingin sukses meraih prestasi atau keberhasilan, karena keinginannya sendiri, atau untuk menjaga dan memelihara agar selalu ada motivasi belajar. (3) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI IPS 3 di Man 2 Model Makassar setelah mendapat reward dan punishment dari guru, yakni mendapat respon positif, baik dari siswa yang bersangkutan maupun siswa yang lainnya. Ini ditunjukkan pada siswa yang telah diberikan reward akan semakin termotivasi untuk belajar, dan antusias siswa untuk memperolah reward, dan menghindari punishment.

Kata Kunci: Pemberian Reward dan Punishment dan Motivasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1660 times | PDF view : 351 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.