PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PEMBINAAN GURU DI SMA NEGERI 1 GALESONG SELATAN KABUPATEN TAKALAR

Musawwir Muqtadir Nur(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3155

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui peran kepemimpinan  kepala sekolah dalam pembinaan guru-guru di SMA Negeri 1 Galesong Selatan Kabupaten Takalar; dan 2) untuk mengetahui kendala kepemimpinan kepala sekolah terhadap  guru-guru di SMA Negeri 1 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif tipe deskriptif karena sifat data berupa kata-kata tertulis dan uraian yang diperoleh dari informan dan perilaku subjek yang diamati, yaitu kepala sekolah dan guru sebanyak 6 orang yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling atau pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan melalui 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap guru-guru SMA Negeri 1 Galesong Selatan Kabupaten Takalar adalah; (a) pembuatan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); (b) peningkatan kemampuan membuka pelajaran; (c) peningkatan sikap atau perilaku dalam proses pembelajaran; (d) peningkatan kemampuan menguasai materi pembelajaran; (e) penyajian materi pembelajaran sesuai dengan tujuan dan indikator pembelajaran; (f) peningkatan keterampilan guru untuk menanggapi dan merespon pertanyaan siswa; (g) peningkatan kemampuan guru menggunakan media pembelajaran; (h) pembuatan alat evaluasi pembelajaran; (i) peningkatan kemampuan menutup pembelajaran; dan (j) peningkatan kemampuan guru dalam memberikan tindak lanjut, berupa pengayaan atau pendalaman materi. 2) Kendala-kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam melakukan pembinaan terhadap guru di SMA Negeri 1 Galesong Selatan Kabupaten Takalar, yaitu: (a) guru kurang disiplin dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, (b) guru kurang kreatif dalam mengembangkan diri, (c)  sarana dan prasana kurang tersedia sebagai pendukung pembinaan, dan (d) motivasi guru untuk berprestasi sangat kurang.

 

Kata Kunci : Regulasi diri, Kemampuan awal, kemampuan berpikir kreatif

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 126 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.