ANALISIS KESULITAN BELAJAR ACADEMIC LEARNING DISABILITIES PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG

Yeni Purnama Syarif(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v3i1.2358

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui1) Bentuk Kesulitan Belajar Acaemic Learning Disabilities, 2) FaktorPenyebabKesulitanBelajarAcademic Learning Disabilities, 3) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Academic Learning Disabilities.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif tipe deskriptif, dengan penentuan informan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran sosiologi sebanyak 8 orang dan guru mata pelajaran sosiologi sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analsis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisiplaykan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu trianggulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk-bentuk kesulitan belajar Academic Learning Disabilities, adalah malas untuk belajar dan tidak mempunyai motivasi untuk lebih memahami materi tentang pelajaran, tidak mengerti dengan materi yang disampaikan oleh guru mata pelajaran, dan jarang mengajukan pertanyaan apabila ada materi pelajaran yang tidak dimengerti. 2) Faktor yang paling smempengaruhi kesulitan belajar Academic Learning Disabilities, adalah faktor internal, misalnya faktor jasmania dan faktor psikologis. Sedangkan faktoreksternal, misalnya faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor lingkungan luar/masyarakat. 3) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar Academic Learning Disabilities, adalah dengan memberikan perhatian yang lebih kepada siswa yang bersangkutan seperti lebih memberikan pelajaran tambahan diluar sekolah dan melatih untuk mengerjakan soal-soal, melakukan bimbingan dengan menjelaskan materi secara lebih dalam sehingga siswa dapat memahaminya, setelah itu guru juga memberikan kesempatan pada para siswa untuk memperbaiki nilainya dengan melakukan remidial.
Kata Kunci: Analisis Kesulitan Belajar Academic Learning Disabilities


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1000 times | PDF view : 257 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.