PENERAPAN PENDEKATAN PERMAINAN HIJAU-HITAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT (SPRINT) SISWA KELAS V SD 12 MANURUNGE KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE
(1) PGSD FIP
(2) PGSD FIP
(3) PGSD FIP
(4) PGSD FIP
(*) Corresponding Author
Abstract
Masalah pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) yaitu rendahnya hasil belajar lari (Sprint) siswa. Masalah tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut “ Bagaimanakah Penerapan pendekatan permainan Hijau-Hitam untuk meningkatkan hasil belajar lari cepat (sprint) siswa Kelas V SD Negeri 12 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone ?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan permainan Hijau-Hitam, untuk meningkatkan hasil belajar lari cepat (sprint) siswa kelas V SD Negeri 12 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Fokus dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Penerapan pendekatan permainan Hijau-Hitam dan meningkatkan hasil belajar lari cepat (sprint) siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 12 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi dan Tes. Teknik Analisis Data adalah Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa Penerapan pendekatan permainan Hijau-Hitam dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat (sprint) siswa Kelas V SD Negeri 12 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar lari cepat (sprint) dengan skor tinggi.
Kata kunci : Hasil belajar, lari sprint, permainan Hijau-Hitam.
Kata kunci : Hasil belajar, lari sprint, permainan Hijau-Hitam.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 287 times | PDF view : 1387 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.