Efek dari Implementasi Tanggung Jawab Sosial dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Suradi Tahmir(1*), Nurwati Djam’an Djam’an(2),

(1) Universitas Negeri Makassar (UNM)
(2) Universitas Negeri Makassar (UNM)
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini menyelidiki efek dari implementasi tanggung jawab sosial dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Matematika terhadap keterlibatan siswa. Selama penelitian ini berlangsung, siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan matematika mereka secara bermakna dan diberi kesempatan untuk mengembangkan agensi dengan mengaitkan berbagai konsep dan prosedur matematika dengan konteks dunia nyata melalui identifikasi isu atau masalah yang ada dalam komunitas siswa dan mengaitkannya dengan matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas 7 semester 1 di SMP Tunas Harapan tahun ajaran 2017/2018. Masalah penelitian yang diinvestigasi dalam penelitian ini adalah Apakah dampak dari implementasi tanggung jawab sosial melalui pendekatan PMRI dalam pembelajaran matematika terhadap keterlibatan siswa? Penelitian Tindakan Kelas (action research) digunakan sebagai metodologi penelitian. Penelitian ini menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif (mixed methods) dalam mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasi data. Data kualitatif diperoleh melalui focus group discussion, observasi, catatan lapangan (field note), dan wawancara. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari kuesioner SEMC (Student Engagement in the Mathematics Classroom). Berdasarkan analisis data kualitatif dan kuantitatif diperoleh kesimpulan bahwa implementasi tanggung jawab sosial melalui pendekatan PMRI dalam pembelajaran matematika memiliki pengaruh positif terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika dalam tiga ranah keterlibatan yakni kognitif, sikap, dan perilaku.

Kata kunci: Tanggung jawab sosial, PMRI, Pembelajaran matematika, Keterlibatan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 187 times | PDF view : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.