RAGAM GERAK PAKARENA SAMBORI’NA

Nurwahidah Nurwahidah(1*), Andi Padalia(2), Syakhruni Syakhruni(3),

(1) Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar Jl. Dg. Tata Raya,Kampus UNM Parangtambung Makassar
(2) Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar Jl. Dg. Tata Raya,Kampus UNM Parangtambung Makassar
(3) Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar Jl. Dg. Tata Raya,Kampus UNM Parangtambung Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini didesain untuk menghasilkan Ragam Gerak Tari Etnis Makasar dalam melalui teknik volume. Hal ini penting dilakukan karna Penelitian ini memiliki relevansi dengan keberlanjutan seni pertunjukan, khususnya seni tari dalam etnis Makasar. Dengan demikian tari Sambori’na tidak hanya menjadi kisah kenangan manis masa silam, akan tetapi sebagai kontribusi ilmiah dalam pengembangan ilmu pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan nilai-nilai dalam tari Pakarena Sambori’na, bahwa tari Pakarena Sambori’na tidak hanya ditarikan dengan teknik gerak yang baik, akan tetapi masyarakat terutama generasi muda, khususnya mahasiswa Seni Tari dapat memahami nilai-nilai atau esensi dari Pakarena tersebut yang tercermin pada bentuk, esensi, dan teknik geraknya, sehingga penguatan keberadaan Pa karena Sambori’na dalam masyarakat etnik Makasar khususnya, dapat bertahan dan berkesinambungan dari generasi ke generasi sebagai pewaris budaya.
Manfaat lain adalah bahwa hasil penelitian ini menjadi bahan apresiasi dan perbandingan kajian di kalangan akademisi, peneliti, seniman dan pemerhati seni dalam berbagai perspektif sehingga melahirkan informasi ilmu pengetahuan yang lebih komprehensif dan bernilai guna dalam kemaslahatan hidup manusia.Lebih spesifik penelitian ini menjadi bahan kajian sumber, dokumentasi, dan inventarisasi jejak kesenian etnis Makasar di Instansi atau Perguruan Tinggi Seni di Sulawesi Selatan.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan etnokoreologis dengan pengumpulan data berdasarkan emik, baik dengan teknik observasi, wawancara, maupun dokumentasi. Penulisan etnografinya berdasarkan emik dan etik, serta analisis datanya kulitatif holistik.

Kata Kunci: Tari, Pakarena, Sambori’na, ragam, gerak, bentuk, teknik, volume, model

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1115 times | PDF view : 5610 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.