Estimasi Margin Pemasaran Jagung Kuning

Diah Retno Dwi Hastuti(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Komoditas jagung merupakan salah satu komoditas unggulan selain padi sebagai komoditas palawija. Sebagai komoditas palawija strategis, permintaan jagung di dalam negeri cenderung menunjukkan peningkatan seiring dengan semakin meningkatnya permintaan jagung untuk kebutuhan bahan pangan, pakan ternak, dan bahan baku industri. Mekanisme pemasaran jagung kuning di Kabupaten Gowa dijumpai adanya rantai pemasaran panjang yang dilalui oleh banyaknya lembaga pemasaran sehingga biaya semakin besar dengan pasar yang terbentuk adalah bersaing tidak sempurna. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh saluran pemasaran terhadap margin pemasaran jagung kuning di Kabupaten Gowa. Metode penentuan lokasi penelitian ditentukan secara purposive di Desa Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Selanjutnya untuk menganalisis digunakan multiple regression analysis dan pengujian asumsi klasik
dengan multicollinearity dan heterocedasticity. Dari tiga saluran pemasaran yang ada diperoleh hasil bahwa saluran pemasaran 1, yaitu dari petani – pedagang pengepul - pedagang pengecer – konsumen dan saluran pemasaran 2, yaitu petani – pedagang pengepul – konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap margin pemasaran dan pengaruh terbesar pada saluran pemasaran 1, sedangkan volume pemasaran berpengaruh tidak signifikan

Kata kunci: estimasi, margin pemasaran, dan jagung kuning

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 319 times | PDF view : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.