LEARNING CYCLE (SIKLUS BELAJAR) MEMBIASAKAN AKTIVITAS SCIENTIFIC APPROACH PESERTA DIDIK

Muhiddin Palennari(1*), Hamka Lodang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pada kurikulum 2013, pembelajaran yang disarankan untuk membiasakan aktivitas scientific approach adalah PBL, PjBL, dan discovery learning. Akan tetapi tidak semua materi pelajaran dapat diajarkan dengan model-model pembelajaran tersebut. Salah satu pembelajaran alternatif yang dapat diterapkan adalah learning cycle. Dengan learning cycle, keterampilan pada scientific approach dapat dibiasakan pada peserta didik. Aktivitas yang terdapat dalam learning cycle seperti engagement, exploration, explanation, elaboration dan evaluation juga ditemukan pada scientific approach dengan istilah yang berbeda tetapi dengan makna yang sama misalnya mengamati, menanya, menalar, mengumpulkan informasi dan mengomunikasikan..

Kata kunci: maksimum 5 kata kunci, pisahkan dangan tanda koma

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 419 times | PDF view : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.