PjBL untuk Pengembangan Keterampilan Mahasiswa: Sebuah kajian deskriptif tentang peran PjBL dalam melejitkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa

Sitti Saenab(1*), Sitti Rahma Yunus(2), Andi Nurul Virninda(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Proses belajar mengajar di perguruan tinggi hendaknya ditransformasi kepada orientasi yang dapat membekali
mahasiswa dengan keterampilan yang dibutuhkan saat ini. Untuk menjawab tantangan tersebut dibutuhkan integrasi keterampilan
abad XXI ke dalam pembelajaran yang mencakup Thingking skills (keterampilan berpikir), Action skills (keterampilan bertindak)
dan Living in the world (keterampilan hidup). Keterampilan komunikasi dan keterampilan kolaborasi merupakan contoh
keterampilan yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dapat dipilih dalam meningkatkan kedua
keterampilan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran PjBL dalam melejitkan keterampilan komunikasi
dan kolaborasi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengumpulkan data melalui studi literatur.
Penerapan PjBL menunjukkan kelebihan dalam mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa. Karena
melalui aktivitas kompleks dari model tersebut, mahasiswa mampu saling bersepakat dan saling menghargai terhadap pendapat
yang berbeda-beda untuk menemukan solusi dan mencapai tujuan utama dari pelaksanaan proyek

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 811 times | PDF view : 2043 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.