Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Lab Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Marioriwawo

Sri Agustini, Muhammad Arsyad, Ahmad Yani

Abstract


Penelitian ini adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsika: (1) besarnya pemahaman konsep fiska yang diajar menggunakan media Virtual Lab dan yang diajar menggunakan media konvensional; (2) menganalisis perbedaan yang signifikan pemahaman konsep fisika antara yang diajar menggunakan media Virtual Lab dan yang diajar menggunakan media konvensional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media yang terdiri dari dua dimensi yaitu media virtual lab dan media konvensional sedangkan variabel tak bebas adalah pemahaman konsep fisika. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Marioriwawo tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes obyektif pemahaman konsep fisika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar menggunakan media Virtual Lab dalam kategori cukup dan yang diajar menggunakan media konvensional dalam kategori rendah; Terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara yang diajar menggunakan media pembelajaran Virtual Lab dan yang diajar menggunakan media konvensional

Kata Kunci: Media Virtual Lab, Media Konvensional, Pemahaman Konsep

This is quasi experimental design, which is aims for: (1) describing of conceptual understanding that taught by conventional media and by laboratory virtual media; (2) analyzing significant different of conceptual understanding between students who are learned by conventional media and laboratory virtual media. The independent variable is the usage of media that have two dimension namely virtual lab media and conventional media then dependent variable is conceptual understanding. Research population is all student of SMA Negeri 1 Marioriwawo school year 2016/2017. Data retrieval technique is objective test. Based on research result we conclude that conceptual understanding score of students who are learned by laboratory virtual experiment is in middle category and the students who are learned by conventional media is in low category; there are different score of conceptual understanding of students who are learned by laboratory virtual media and conventional media.

Keywords: Virtual Lab Media, Conventional Media, Conceptual Understanding

Full Text:

PDF

References


Ali, S & Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Liao, Y. & Chen, Y. 2007. The Effect of Computer Simulation Instruction on Student Learning A-Meta-Analysis of Studies in Taiwan. Journal of Information Technology and Applications. Jurnal: 2,(2), 69-79

Manurung, S.R & Mihardi, S. 2016. Improving the Conceptual Understanding in Kinematics Subject Matter with Hypertext Media Learning and Formal Thinking Ability. Journal of Education and Practice. Jurnal : Vol.7, No.9

Muhson, A. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VIII. No. 2

Sakti, I. (2013). Pengaruh Media Animasi Fisika Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung (p. 494). Lampung: Universitas Lampung.

Salam, H., Setiawan, A & Hamidah, I. 2010. Pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Listrik Dinamis. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI : hal 688-692 tahun 2010

Setiadi, R., & Muflika, A. A. (2012). Eksplorasi Pemberdayaan Courseware simulasi PhET untuk membangun Keterampilan Proses Sains SIswa SMA. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(2), 258268

Sinaulingga, P. 2016. Implementasi Pembelajaran Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. Jurnal: Volume 2 Nomor 1, Juni 2016

Susliana R & Riyana C. 2009. Media Pembelajaran Hakikat Pengembangan Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima

Wahyuni, E. 2012. Pengaruh Pemanfaatan Multimedia dalam Pembelajaran Fisika terhadap Pemerolehan Belajar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Volume 7, No. 1

Waller, J. C., & Foster, N. (2000). Training via the web: A virtual instrument. Computer Education. 35(2), 161-173

Widada. 2010. Mudah Membuat Media Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Guru & Profesional. Yogyakarta : Pustaka Widyatama

Wieman, C.E., Adams, W.K & Perkins, K.K. 2008. PhET Simulation that Enhance Learning. Education Forum. Vol 322

Zacharia, Z.C. 2006. Comparing and Combining Real and Virtual Experimentation :an Effort to Enhance Students’ Conceptual Understanding of Electric Circuits. Journal of Computer Assisted Learning. Vol 23 hal 120-132


Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.