Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Fisika Peserta Didik SMA 2 Bulukumba

Fifin Alvian Syam(1*), M Sidin Ali(2), Pariabti Palloan(3),

(1) Prodi Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah true eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran fisika peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran Creative Problem Solving dan  yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif pserta didik dalam pembelajaran fisika antara kelompok yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional SMA  Negeri 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan desain Posstest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba tahun ajaran 2015/2016 dan sampel dipilih secara acak. Pengolahan data hasil penelitian ini menggunakan dua teknik statistik, yaitu teknik analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik keterampilan berpikir kreatif fisika peserta didik dan teknik analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh rata-rata keterampilan berpikir kreatif fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model Creative Problem Solving adalah sebesar 11,40 dengan standar deviasi 2,65 sedangkan skor rata-rata keterampilan berpikir kreatif fisika yang diajar dengan model konvensional adalah sebesar 9,95 dan standar deviasi 2,44. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif fisika yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan model creative problem solving dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model konvensional pada taraf nyata α = 0,05.  

Kata kunci: Creative Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kreatif

This is true experimental research and its objective is to measure student’s creative thinking skill in physics who are taught with Creative Problem-Solving learning model and the conventional learning model, as well as the student’s creative thinking skill between students who are taught with the Creative Problem-Solving learning model and conventional learning model at SMA Negeri 2 Bulukumba. This research use posttest only control group design. The population in this research are the students of tenth grade SMA Negeri 2 Bulukumba academic year 2015/2016 and a randomly selected sample. The results of this research data processing using two statistical techniques, descriptive analysis to describe the physical characteristics of creative thinking skill of students and inferential analysis to test the research hypothesis. Based on descriptive analysis found that the average physics creative thinking skill of student are taught with Creative Problem Solving learning model is at 11,40 with a standard deviation of 2,65 while the average score who are taught with the conventional model is at 9,95 and the standard deviation of 2,44. Inferential analysis results showed that there were significant differences in  physics creative thinking skill between students taught by the creative problem solving learning model and are taught by using conventional model on a significance level of α = 0.05.

Key words: Creative Problem Solving, Craetive Thinking Skill


Full Text:

PDF

References


M. Asikin, & Pujiadi, Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Cd Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Peserta didik Sma Kelas X, Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, vol 37, no. 1, 2008, pp. 37-45.

A.N. Cahyono, Pengembangan Model Creative Problem Solving berbasis Teknologi dalam Pembelajaran Matematika di SMA, Seminar Nasional Matematika V UNNES, Semarang, Oktober 2009.

S. G. Isaksen, On the Conceptual Foundations of Creative Problem Solving: A Response to Magyary-Back, Basil Blackwell journal,vol 4, no. 1, 1995, pp. 52-63.

A. Mahmudi, Mengukur Keterampilan berpikir Kreatif Matematis, Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA, Manado, Juni 2010, pp 1-9.

U. Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Rineka Cipta, 2009.

Mundilarto, Kapita Selekta Pendidikan Indonesia, FMIPA Universitas Negri Yogyakarta, 2002.

Mustaji, Pengembangan Keterampilan berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran, 2012, Website: http://pasca.tp.ac.id/site/pengembangan-kemampuan-berpikir-kritis-dan-kreatif-dalam-pembelajaran, Diakses pada tanggal 30 januari 2013.

K. L. Pepkin, Creative Problem Solving in Math, 2004, Website: http://m2s-conf.uh.edu/honors/honors-and-the-schools/houston-teachers-institute/curriculum-units/pdfs/2000/articulating-the-creative-experience/pepkin-00-creativity.pdf, Diakses pada tanggal 10 maret 2013.

B. Rahman, Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematik Peserta didik yang Pembelajarannya Menggunakan Model Creative Problem Solving (CPS) dengan Peserta didik yang Pembelajarannya Menggunakan Model Konvensional, Skripsi, FMIPA UPI, Bandung, 2009.

J. W. Santrock, Psikologi Pendidikan (Diterjemahkan oleh: Diana Angelica), Salemba Humanika, 2009.

T. Y. E. Siswono, Mendorong Berpikir Kreatif Peserta didik Melalui Pengajuan Masalah. Konferensi Nasional Matematika XII, Universitas Udayana, Bali, Juli 2004, pp 74-87.

T. Y. E. Siswono, Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpandu dengan Model Wallas dan Creative Problem Solving (CPS), Buletin Pendidikan Matematika, vol 6, no. 2, 2004, pp. 1-16.

N. S. Sukmadinata, Landasan Psikologis Proses Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, 2009.

D. J. Treffinger & S. G. Isaksen, Creative Problem Solving: The History, Development, and Implications for Gifted Education and Talent Development. Gifted Child Quarterly, vol 49, no. 4, 2005, pp.342-353.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana Prenada Media Group, 2009.

Zainab, Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran matematika, Seminar Nasional HIMMA, Palembang, Mei 2012, pp 1-12.


Article Metrics

Abstract view : 691 times | PDF view : 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.