Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa

Muhajirin Muhajirin(1*),

(1) Prodi Pendidikan Fisika PPS Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan desain penelitian eksperimen dengan  Posstest Only Control Grup Design yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan motivasi dan hasil belajar fisika peserta didik data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa skor motivasi dan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar model problem based learning berada pada kategori tinggi sedangkan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang. Analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model problem based learning dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Konvensional, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar

 

This research is true experimental design, with posstest only control group design that aim to determine how much motivation and learning outcomes of physics students of class XI IPA 3 as an experimental class that were tought using problem based learning model and class XI IPA 2 is a control class that were tought conventional learning model, as well as to determine whether there were signification differences in motivation and learning outcomes of physics students. Data were analyzed with descriptive and inferential statistics. Based on the results of the descriptive analisis showed that scores of motivation and learning outcomes of students who were taught the problem based learning model is at the high category. While taught using conventional learning models is at a low category. Analyses showed that it can be concluded that there are significant differences on motivation and learning outcomes of students who taught physics by using model problem based learning with students who are taught by using conventional learning models.

Keywords: Problem Based Learning Model, Conventional Learning, Learning Motivation, Learning Output


Full Text:

PDF

References


Ali, R., Akhter, A., Shahzad, S., Sultana, N., & Ramzan, M. 2011. The impact of motivation on students’ academic achievement in mathematics in problem based learning environment. International Journal of Academic Research. 3 (1). 306-309F. Bennett, D. Clarke, J. B. Evans, A. Hopper, A. Jones and D. Leask, Piconet: Embedded mobile networking, IEEE Personal Communications Magazine, vol. 4, no. 5, 1997, pp. 8-15.

Anisaunnafi’ah, Rifka. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Grojogan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 14 Tahun ke IV Agustus 2015S. M. Agarwall and A. Grover, Nucleotide Composition and Amino Acid Usage in AT-Rich Hyperthermophilic Species, The Open Bioinformatics Journal, Vol. 2, 2008, pp. 11-19.

Hamidatun, dkk. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA Negeri 1 Suwawa Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Fakultas Matematika dan IPA UNG Vol.3 No.3.

Herman, T. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist No. 1 Vol. 1 , 3.

Kharida L.A, dkk. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 5 (2009): 83-89.

Mahmudi, K., Astutik, S., & Yushardi. 2013. Penerapan Lesson Study Menggunakan Model PBL (Problem Based learning) Dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika ISSN: 2301-9794 , 3-4.

Wardana, Nyoman. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Ketahanmalangan Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan pengajaran Program Pascasarjana Undiksha. Singaraja.

Ali, Sidin dan Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Anderson, W. L., & Krathwohl, R. D. 2010. Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arends, I. R. 2012. Learning to Teach. Americas, New York: McGraw-Hill.

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrori, M. 2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Daryanto, 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati, & Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Santrock, J.W. 2008. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, K. 2014. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama

Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. 1998. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ratunnaman. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sardiman, A. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Siregar, S. 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-fakto yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana, N. 2011. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian, Konsep Statistik yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning teori & aplikasi Paikem.

Surabaya: Pustaka Pelajar

Suyono, & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2009. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and LearningI di Kelas. Jakarta: Cerdas

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; konsep Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yamin, M. 2012. Desain Baru Pembelajaran K onstruktivistik. Jakarta: Referensi.

Julita M, A. S. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta didik Kelas X SMA Negeri 10 Makassar. Skripsi: Jurusan Fisika UNM.


Article Metrics

Abstract view : 263 times | PDF view : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.