Pengaruh Pembelajaran Berbasis Monopoly Game Physics dan Kemandirian Belajar Terhadap Minat Belajar Fisika Peserta Didik

Ardi Marwiliansyah, M Sidin Ali, Muhammad Arsyad

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan seberapa besar minat belajar fisika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis Monopoly Game Physics dan pembelajaran konvesional pada tingkat kemandirian belajar fisika, (2) menganalisis ada atau tidaknya perbedaan minat belajar fisika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis Monopoly Game Physics dengan pembelajaran konvensional, (3) menganalisis ada atau tidaknya perbedaan minat belajar fisika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis Monopoly Game Physics dengan pembelajaran konvensional pada tingkat kemandirian tinggi, (4) menganalisis ada atau tidaknya perbedaaan minat belajar fisika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis Monopoly Game Physics dengan pembelajaran konvensional pada tingkat kemandirian rendah, dan (5) menganalisis ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara pembelajaran dengan kemandirian terhadap minat belajar fisika peserta didik kelas X IPA MAN 1 Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Cara pengambilan sampel dengan random assignment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) untuk kemandirian belajar fisika tinggi maupun rendah, dimana minat belajar fisika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis Monopoly Game Physics memiliki rata-rata skor minat belajar lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) secara keselurahan, terdapat perbedaan minat belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis Monopoly Game Physics dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (3) bagi peserta didik dengan tingkat kemandirian tinggi, terdapat perbedaan antara minat belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis Monopoly Game Physics dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (4) bagi peserta didik dengan tingkat kemandirian rendah, terdapat perbedaan antara minat belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan pembelajaran berbasis Monopoly Game Physics dengan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional, dan (5) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap minat belajar fisika peserta didik kelas X IPA MAN 1 Bima tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Monopoly Game Physics, Pembelajarn Konvensional, Kemandirian Belajar, Minat Belajar Fisika

The study aims at: (1) describing the extent of students’ learning interest in physics taught by using Monopoly Game Physics and conventional learning at independent learning degree in physics, (2) analyzing whether there is a difference of students’ learning interest in physics taught by using Monopoly Game Physics and conventional learning, (3) analyzing whether there is a difference of students’ learning interest in physics taught by using Monopoly Game Physics and conventional learning at high independent degree, (4) analyzing whether there is a different of students’ learning interest by using Monopoly Game Physics and conventional learning at low independent degree and (5) analyzing whether there is influence of interaction between independent learning on physics learning interest of students of grade X IPA MAN 1 in Bima. The study was quasi experiment research with 2x2 factorial design. Samples were chosen by employing random assignment teachnique. The results of the study reveal that: (1) students’ learning interest in physics for both high independent learning and low independent learning taught by using Monopoly Game Physics learning had the average score higher than the conventional one, (2) overall, there was a difference of students’ learning interest in physics taught by using Monopoly Game Physics learning and the one using conventional learning, (3) there is a difference between students’ learning interest in physics with high independent learning taught by using Monopoly Game Physics and the one using conventional learning, (4) there is a difference between students’ learning interest in physics with low independent learning taught by using Monopoly Games Physics and the one using conventional learning, and (5) there was no interaction between learning and independent learning on physics learning interest of students of grade X IPA at MAN 1 in Bima of academic year 2017/2018.

Keywords: Monopoly Game Physics Based Learning, Conventional Learning, Independent Learning, Physics Learning Interest

Full Text:

PDF

References


I. Akpan, Analysis of Achievement Motivation and Academic Engagement of Students in the Nigerian Classroom, Academic Journal of Interdisciplinary Studies, vol. 2, no. 3, 2013, pp. 385-390.

F. Rofiqoh, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai Media Monopoli Games Terintegrasi Pendekatan Problem Solving pada Pembelajaran Fisika di SMA, Jurnal Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember, vol. 4, no. 3, 2015, pp. 198-203.

Saefuddin & I. Berdiati. 2014. Pembelajaran Efektif, PT Remaja Rosdakarya.

S. Santoso. 2010. Kupas Tuntas Riset Eksperimen dengan Excel 2007 dan Minitab 15, PT Elex Media Komputindo.

P. Widoyoko. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik, Pustaka.

Purwanto. 2011. Statistika untuk Penelitian, Pustaka Belajar.


Article Metrics

Abstract view : 95 times | PDF view : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.