Efektivitas Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Pinrang

Rohani Rohani(1*),

(1) Prodi Pendidikan Fisika PPS Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik pada pembelajaran Fisika dengan menggunakan media animasi dalam pembelajaran, (2) mendeskripsikan pemahaman konsep Fisika peserta didik dengan menggunakan media animasi dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dialsanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Pinrang yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes pemahaman konsep Fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Pinrang dari siklus ke siklus. Rata-rata nilai aktivitas peserta didik dari siklus 1 sampai siklus 2 adalah 67 (cukup aktif) dan 74 (aktif). Adapun pemahaman konsep fisika peserta didik dapat dilihat dari hasil tes pemahaman konsep dari siklus 1 ke siklus 2 adalah 71 (baik) dan 79 (baik)

Kata Kunci: Media Animasi, Aktivitas Peserta Didik, Pemahaman Konsep Fisika

 

The purpose of this study is to: (1) describe the increase in student activity in learning physics by using animation media in learning, (2) describing the understanding of students' physics concepts by using animation media in learning. This research is a type of classroom action research which is implemented in two cycles. Each cycle consists of planning, observation, and reflection. The subjects of this study were students of class XI MIPA 1 of State Senior High School 6 Pinrang, amounting to 33 people. The instruments used were observation sheets and understanding concepts of Physics. The results showed that the use of animation media in learning could increase the activity and understanding of physics concepts of students of class XI MIPA 1 of SMA Negeri 6 Pinrang from cycle to cycle. The average activity value of students from cycle 1 to cycle 2 is 67 (active enough) and 74 (active). The understanding of students' physics concepts can be seen from the results of the concept comprehension test from cycle 1 to cycle 2 is 71 (good) and 79 (good)

Keywords: Animation Media, Student Activities, Understanding of Physics Concepts

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1996). Dasar-dasar Evaluasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori, M. (2007). Penelitian Tindakan kelas. Bandung: Wacana Prima.

Dahar, R. W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

dayat, R. (n.d.). Efektivitas Pembelajaran Fisika . https://rahmandayat46.

Rudi Susilana, C. R. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Sudjana. (1996). Metode Statistika. Bandung: Tarsito..


Article Metrics

Abstract view : 120 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.