Pembelajaran Fisika dengan Implementasi Model Guided Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains

Muhammad Amin Said(1*), Arini Paisal(2), Nurlina Nurlina(3),

(1) Prodi Pendidikan Fisika PPS Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Fisika PPS Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Fisika PPS Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan mengenai hasil tes Keterampilan Proses Sains Fisika peserta didik kelas X MIA 3 SMAN 14 Makassar sebelum dan setelah diajar dengan Model Guided Discovery. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-posttest Study yang melibatkan dua variabel terdiri dari variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikat yaitu Keterampilan Proses Sains Fisika dan variabel bebas yaitu model Guided Discovery. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes Keterampilan Proses Sains Fisika sebanyak 9 item yang berbentuk essai pada pokok bahasan “Gerak Lurus”. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, analisis inferensial, pengujian hipotesis dan N-gain. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata tes Keterampilan Proses Sains Fisika seperti menentukan variabel/faktor penentu dari 0,9 meningkatkan menjadi 3,73 setelah diajar dengan menggunakan model Guided Discovery. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil tes Keterampilan Proses Sains Fisika peserta didik kelas X MIA 3 SMAN 14 Makassar mengalami peningkatan setelah diajar dengan menggunakan model Guided Discovery.  

Kata kunci: Pra-Eksperimental, Keterampilan Proses Sains, Model Guided Discovery

 

This research is aimed to find out whether there is an improvement about the result of physics science physics skill test of class X students of MIA 3 SMAN 14 Makassar before and after being taught by Guided Discovery Model. The design used in this research is One Group Pretest-Posttest Study involving two variables consist of dependent variable and independent variable. The bound variable is physics science process skill and independent variable that is Guided Discovery model. Research instrument used is physics science process skill test as much as 9 items essay form on subject "Motion Straight" .Technique data analysis used in this research is descriptive statistics, inferential analysis, hypothesis testing and ngain.Analysis results show that the average score of physics science skills test process such as determining variable / determinant factor from 0.9 meningkan to 3.73 after being taught by using Guided Discovery model. The result of hypothesis test showed that the result of physics science physics skill test of class X students of MIA 3 SMAN 14 Makassar increased after being taught using Guided Discovery model.

Keywords: Pre-Experimental, Skilled Process of Science, and Guided Discovery Model


Full Text:

PDF

References


Handayani, Sri Astutik. Tjandra Kirana. Soeparman Kardi. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Vol. 1, No. 2.

Widayanto. (2009). Pengembangan Keterampilan Proses Dan Pemahaman Siswa Kelas X Melalui Kit Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 1-7. Universitas Negeri Semarang.

Rosilawati, I dan Sunyono. (2008). Meningkatkan aktivitas dan Pemahaman Konsep Termokimia melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing SMA Perintis 1 Bandar Lampung. JPP Vol. 6.

Yani, A. (2006). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Pangkat Rasional Bagi Siswa Kelas I SMA Negeri 6 Pontanak”. Jurnal Pendidikan 326-335.

Khaeruddin dan EkoHadi. (2003). Pembelajaran Sains. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.

Dimyati. M, Mujiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta:Rajawali Pers.

Bahariah. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains melalui Metode Penemuan Terbimbing pada Peserta Didik Kelas VIII.B SMP Angkasa Maros. Skrispsi Tesis. Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Ulumi,D.F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Surakarjo Tahun Pelajaran 2013/2014. (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret). (https://scholar.google.co.id/scholar, diakses pada 10 April 2017).

Zulfatin, Viki Laeli. (2014). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa SMA dalam Kegiatan Praktikum Materi Elastisitas yang Dinilai Menggunakan Penilaian Kinerja. Skripsi Diterbitkan. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 142 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.