Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di FKIP Universitas Mulawarman

Muliati Syam(1*), Shelly Efwinda(2),

(1) Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Mulawarman
(2) Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author



Abstract


Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi berkontribusi dalam kesuksesan pembelajaran dan dapat menambah kompetensi di era globalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa setelah diterapkan Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dilaksanakan di PS-Pendidikan Fisika di Universitas Mulawarman semester 1 tahun ajaran 2017/2018 dan melibatkan 25 mahasiswa di kelas A Fisika 2017. Pengumpulan data keterampilan berpikir tingkat tinggi digunakan tes berupa soal uraian keterampilan berpikir tingkat tinggi berjumlah 10 soal pada materi Fisika Dasar, yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran menggunakan PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran menggunakan model PBL berkontribusi dalam melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa, 2) Nilai rata-rata keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa setelah diterapkan  model PBL sebesar 77 pada kategori baik, 3) Peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada kategori sedang dengan nilai 0,68.

Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Fisika Dasar, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

 

Higher Ordered Thinking Skills contribute to the success of learning and student’s competencies in globalization era. The purpose of this study was to obtain information about high-level thinking skills of students after applying the Problem Based Learning Model (PBL) in General Physics course. This research was quantitative descriptive study, conducted in Physics Education at Mulawarman University in semester 1 with 25 students in class A Physics 2017. Data collection of high-ordered thinking skills used 10 items essay, which were given before and after the application of learning using PBL. The results showed that 1) PBL models contributed to training high-level thinking skills of students, 2) The average value of high-level thinking skills of students after applying the PBL model was 77 which is in good category, 3) Increasing the high-level thinking skills of students in the category moderate with a value of 0.68.

Keywords : Problem Based Learning (PBL),  General Physics, Higher Ordered Thinking Skills


Full Text:

PDF

References


Arisandi, H. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Pendekatan Ilmiah pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Baranti.Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.

Arsyad, M. 2016. IlmuKebumian. Makassar: Badan Penerbit UNM

Arsyad, M., Pawitan H., Sidauruk P., Putri E.I.K.2014. Analisis Ketersediaan Air Sungai Bawah Tanah danPemanfaatan Berkelanjutan di Kawasan Karst Maros Sulawesi Selatan(Analysis of Underground River Water Availability and Its Sustainable Uses at Karst Maros Area in South Sulawesi). Jogyakarta: Jurnal manusia dan lingkungan UGM.

Diniarsih, S. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Ekosistem Gua Sriti Kulon Progo Berbasis Macromedia Flash untuk Siswa SMA Kelas X.(online : digilib.uin-suka.ac.id diakses tanggal 20 Februari 2018)

Gregory,R.J. 2000. Psychological Testing: History, Principles,and Applications.Boston: Allyn And Bacon

Hudojo,H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan. Bandung: PT. Remaja.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar.Ringkasan Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA

Oemar, H. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan, 2011. Skala PengukuranVariabel-Variabel Penelitian. Bandung Alfabeta.

Rusyan,T.A. 1989. Pendekatan dan Tesis Magister Pendidikan ProsesBelajar Mengajar.Bandung: Remadja Karya.

Sudjana, N. 1988. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tiro, M.A.2008. Dasar-Dasar Statistik. Makassar: Andira Publisher.

Trianto. 2010. Mendesain Model PembelajaranInovatif-Progresif. Jakarta: Kencana


Article Metrics

Abstract view : 592 times | PDF view : 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.