Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Ekosistem Karst Untuk Kelas VII SMP Negeri 4 Bantimurung

Dahniar Dahniar(1*), Muhammad Arsyad(2), Khaeruddin Khaeruddin(3),

(1) Prodi Pendidikan Fisika PPS Universitas Negeri Makasar
(2) Prodi Pendidikan Fisika PPS Universitas Negeri Makasar
(3) Prodi Pendidikan Fisika PPS Universitas Negeri Makasar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research)difokuskan pada pengembangan perangkat pembelajaran berbasis ekosistem karst. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap meliputi : (1) tahap pendefinisian (define),pada tahap ini meliputi menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran diawali dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan pembelajaran; (2) Tahap Perencanaan (design), pada tahap ini dilakukan penyususnan tes, pemilihan format, pemilihan media dan pembuatan rancangan awal; (3) Tahap pengembangan(Develop),pada tahap ini perangkat yang telah dirancang selanjutnya divalidasi oleh pakar / ahli kemudian  dilakukan uji coba terbatas; (4) Tahap penyebaran (Disseminate), pada tahap ini perangkat pembelajaran dikemas dan dilakukan penyebaran skala kecil melalui MGMP IPA Tingkat SMP KabupatenMaros. Hasil validasi perangkat pembelajaran berbasis ekosistem karst yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dengan koefisien validitas isi 1,00 (relevan) berdasarkan penilaian dua orang pakar untuk setiap bagian perangkat pembelajaran meliputi: RPP, Bahan Ajar, dan LKPD.Ujicobadilakukan di SMP Negeri 4 Bantimurung selama 3 pertemuan untuk melihat kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis ekosistem karst. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran praktis digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase 95 %  (sebahagian besar terlaksana ) dan kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan skor 3,68 (sangat baik). Adapun keefektifan pengunaan perangkat pembelajaran diukur dengan melihat skor tes hasil belajar peserta didik sebanyak 18 dari 32 orang berada pada kategori sangat tinggi. Sehingga diperoleh bahwa penggunaan perangkat pembelajaran berbasis ekositem karst untuk peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Bantimurung telah valid, praktis, dan efektif.

Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran Berbasis Ekosistem Karst, Ekosistem Karst

 

This research is a development research focused on developing learning tools based on karst ecosystem. The development model used in this study refers to the 4D development model which consists of four stages including: (1) define phase, at this stage includes defining and defining learning requirements beginning with the initial analysis, analysis of students, task analysis , concept analysis, and specification of learning objectives; (2) Planning phase, at this stage the testing is done, the format selection, media selection and initial drafting; (3) Development phase (Development), at this stage the device that has been designed is then validated by the expert / expert then a limited trial is conducted; (4) Disseminate phase, at this stage the learning device is packaged and small scale dissemination is done through the Science Level MGMP in the District KabupatenMaros. The results of the validation of the learning device based on the karst ecosystem developed were declared feasible to be used with a content validity coefficient of 1.00 (relevant) based on the assessment of two experts for each part of the learning device including: RPP, Teaching Materials, and LKPD. The trial was conducted at SMP Negeri 4 Bantimurung for 3 meetings to see the practicality and effectiveness of the karst ecosystem-based learning device. The results of the study show that practical learning devices are used in learning based on the results of observations of learning implementation  and the ability of teachers to manage learning with a score of 3.68 (very good). The effectiveness of the use of learning devices is measured by looking at the student learning outcomes test scores of 18 out of 32 people in the very high category. So that it was found that the use of karst ecosystem based learning tools for students of class VII SMP 4 Bantimurung was valid, practical, and effective.

Keywords: Development, Learning Tools Based On Karst Ecosystem, Karst Ecosystem


Full Text:

PDF

References


Arsyad, M., Pawitan H., Sidauruk P., Putri E.I.K.2014. Analisis Ketersediaan Air Sungai Bawah Tanah danPemanfaatan Berkelanjutan di Kawasan Karst Maros Sulawesi Selatan(Analysis of Underground River Water Availability and Its Sustainable Uses at Karst Maros Area in South Sulawesi). Jogyakarta: Jurnal manusia dan lingkungan UGM.

Arsyad, M. 2016. Ilmu Kebumian. Makassar: Badan Penerbit UNM

Gregory,R.J. 2000. Psychological Testing: History, Principles,and Applications.Boston: Allyn And Bacon

Hudojo,H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan. Bandung: PT. Remaja.

Oemar, H. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan, 2011. Skala PengukuranVariabel-Variabel Penelitian. Bandung Alfabeta.

Rusyan,T.A. 1989. Pendekatan dan Tesis Magister Pendidikan ProsesBelajar Mengajar.Bandung: Remadja Karya.

Sudjana, N. 1988. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tiro, M.A.2008. Dasar-Dasar Statistik. Makassar: Andira Publisher.

Trianto. 2010. Mendesain Model PembelajaranInovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Arisandi, H. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Pendekatan Ilmiah pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Baranti.Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar.Ringkasan Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA

Diniarsih, S. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Ekosistem Gua Sriti Kulon Progo Berbasis Macromedia Flash untuk Siswa SMA Kelas X. (online : digilib.uin-suka.ac.id diakses tanggal 20 Februari 2018)


Article Metrics

Abstract view : 160 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.