Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Terbimbing terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 9 Makassar

Dirgah Kaso Sanusi, Muhammad Arsyad, Muris Muris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar melalui metode pembelajaran discovery terbimbing dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas X MIA SMA Negeri 9 Makassar tahun ajaran 2016/2017, dan (2) menganalisis perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran discovery terbimbing dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas X MIA SMA Negeri 9 Makassar tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen sesungguhnya dengan menggunakan Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 9 Makassar tahun ajaran 2016/2017 dan sampel dipilih secara random. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan dua teknik statistik, yaitu teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik dan teknik analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa rerata hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran discovery terbimbing sebesar 20,24 dan standar deviasi sebesar 3,44 sedangkan skor rerata hasil belajar fisika yang diajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 17,04 dan standar deviasi sebesar 4,67. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran discovery terbimbing dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada taraf nyata α = 0,05.

 

Kata Kunci: Dicovery Terbimbing, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar

 

This research aims to: (1) describe students’s physics learning achievement taught through guided discovery learning methods and those taught by conventional learning to students of class X MIA SMA Negeri 9 Makassar in academic year 2016/2017, and (2) analyze differences in physics learning achievement of learners taught by guided discovery learning methods and those taught using conventional learning of class X MIA SMA Negeri 9 Makassar in academic year 2016/2017. This research is true experimental design with posstest only control group design. The population in this research is the students of class X MIA SMA Negeri 9 Makassar at City Makassar academic year 2016/2017 and a randomly selected sample. The results of this research data processing using two statistical techniques, namely descriptive analysis to describe students’s physics learning achievement and inferential analysis techniques to test the research hypothesis. Based on descriptive analysis found that the average score of students’s physics learning achievement is taught with guided discovery learning method is at 20.24 and deviation standard of 3.44 while the average score of students’s physics learning achievement is taught with conventional learning is at 17.04 and the standard deviation of 4.67. Inferential analysis results showed that there are significant differences in students’s physics learning achievement between students taught by the guided discovery learning methods and are taught by using conventional learning on a significant level α = 0.05.

 

Keywords: Guided Discovery, Conventional Learning, Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


M. S. Ali, & Khaeruddin, Evaluasi Pembelajaran, Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, 2012.

L. Anderson, Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen, Pustaka Belajar, 2010.

S. Y. Baharuddin, Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Kelas XI IPA SMAN 3 Lau Maros, S.Pd. skripsi, Universitas Negeri Makassar, Makassar, 2012.

Dimyati, & Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, 2003.

A. L. Effendi, Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP, Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 13, 2012, pp. 1-10.

J. Korey, An Evaluation Report on the Workshop in Teaching Introductory Combinatorics by Guided Discovery, Dartmounth College, Amerika Serikat:, 2003.

R. A. Levine, Guided Discovery Learning with Videotaped Case Presentation in Neurobiology. JIAMSE, 2005.

Markaban, Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

A. Omiko, Effect of Guided Discovery Method of Instruction And Students’ Achievement in Chemistry at the Secondary School Level in Nigeria, International Journal of Scientific Research and Education, vol. 5, 2017, pp. 6226-6234.

J. Swaak, d. T. Jong, & W. V. Joolingen, The Effects of Discovery Learning and Expository Instruction on the Acquisition of Definitional and Intuitive Knowledge, Journal of Computer Asisted Learning, vol. 20, 2004, pp. 225-234.

H. R. Tenenbaum, L. Alfieri, P. J. Brooks, & N. J. Aldrich, Does Discovery-Based Intruction Enhance Learning? Jourbal of Educational Psychology, vol. 103, 2011, pp. 1-18.


Article Metrics

Abstract view : 9 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.