PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 TAKALAR KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN TAKALAR

Sitti Habibah(1*),

(1) Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu PendidikanUniverstas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Takalar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kabupaten Takalar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Selanjutnya yang menjadi populasi dalam penelitian ini seluruh siswa di SMP Negeri 1 Takalar dengan pengambilan sampel sebanyak 79 siswa. Pengumpulan data melalui teknik angket dan dokumentasi, Kemudian dianalisis secara persentase. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Takalar masih tergolong ke dalam kategori rendah.

Keywords


pemanfaatan perpustakaan, motivasi belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hastuti, Tri. 2012. Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Oleh Siswa SMP 4 Sentolo. Skripsi. Yogyakarta: FT Universitas Negeri Yogyakarta

Mardiyanto. 2003. “Peran Perpustakaan dalam Membangun Budaya Baca”. Dalam media informasi; Forum Komunikasi Perpustakaan, Volume XIII, Nomor 14.

Riduwan. 2006. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sardiman. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 1991. Belajar dari Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah B. 2009. Teori Motivasi dan Prngukurannya. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 291 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3