NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA FABEL DAN PERANANNYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Fabianus R. Muda(1*),

(1) Pendidikan Bahasa Indonesia PPs Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: untuk menanamkan karakter terhadap anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitataf, yaitu menganalisis nilai-nilai pendidikan dalam cerita fabel, dan kemudian akan diajarkan pada anak usia dini. Data yang digunakan adalah beberapa cerita cerita fabel dengan judul rusa dan kura-kura, semut dan lalat, burung merak dan ulat bulu. Ruang lingkup penelitian yang diambil adalah bagian-bagian dari cerita yang berisi nilai pendidikan. Hasilnya ditemukan beberapa nilai pendidikan yang bisa diajarkan pada anak usia dini untuk pembentukan karakter diantaranya adalah saling menghargai, jangan sombong, jangan angkuh, karena kerugian dan penyesalan datang dikemudian hari.

Keywords


nilai pendidikan, cerita fabel, pembentukkan karakter, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru

http://kabar pendidikan.blogspot.com/2011/04/penilaian-dalam-pembelajaran-bahasa.html

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2014, Buku Siswa Bahasa Indonesia. Jakarta: 2014

Sugono Dendi, dkk. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi keempat. Gramedia, Jakarta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Allfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 731 times | PDF view : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3