PROFIL GURU SMP PILIHAN KEDUA DI KOTA YOGYAKARTA

Cepi Safruddin Abdul Jabar(1*), Wiwik Wijayanti(2),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Karangmalang, Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Karangmalang, Yogyakarta
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru Sekolah Menengah Pertama yang merupakan pilihan kedua siswa setelah memilih sekolah favorit mereka di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang datanya didapat melalui studi lapangan, telaah dokumen, dan wawancara. Data dianalisis dengan dengan teknik matematika dan standar yang digunakan adalah standar tenaga pendidik yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Penelitian ini menemukan bahwa mutu pendidik ternyata bukan menjadi faktor penting dalam pertimbangan calon siswa/orang tua memilih sekolah yang diinginkan. Bahkan kebanyak dari mereka tidak tahu dengan profil tenaga pendidik/kependidikan sekolah yang akan mereka tuju.

Keywords


guru, mutu, sekolah bukan favorit

Full Text:

PDF

References


Ahmed, H. Sheikh, S.A. (2014) Determinants of School Choice: Evidence from Rural Punjab, Pakistan. The Lahore Journal of Economics 19 : 1 (Summer 2014): pp. 1 –30

Amirin, T.M. Jabar, C.S.A., dan Surya, P. (2014) Dampak Penerimaan Siswa Baru Berbasis Nilai Ujian Nasional terhadap Pembodohan Struktural Siswa Berprestasi Rendah. Yogyakarta: FIP UNY.

Ewing, Eve L (2015) Choosing Homes, Choosing Schools. Harvard Educational Review; Summer 2015; 85, 2; ProQuest pp. 279

Jabar, Cepi S.A. (2011) Pencapaian Keunggulan pada SMA negeri dan swasta berkategori unggul di Kota Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 12 No. 2, Oktober 2011 pp. 86-93

Jabar, Cepi S.A (2016) Climate Establishment in An Ex-Indonesian International Standardized School. Advances in Economics, Business and Management Research, volume 14.pp. 391-394.

Jabar,Cepi S.A. (2017) Institutional Strategies To Make Excellent Schools. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 66 pp.279-283.

Kubiatko, Milan; Torkar, Gregor; Rovnanova, Lenka. (2017) The Teacher as One of the Factors Influencing Students' Perception of Biology as a School Subject. CEPS Journal: Center for Educational Policy Studies Journal; Ljubljana, Vol. 7, Iss. 2, (2017): 127-140.

OECD (2013) PISA 2012 Results: What Makes Schools Successful? Resources, Policies and Practices (Vol. IV) Pisa, OECD Pub. http.://dx.doi.org/10.17878/9789264201156-en.

Panayiotou, Anastasia; Kyriakides, Leonidas; Creemers, Bert P; M; Mcmahon, Léan; Vanlaar, Gudrun; dkk. (2014) Teacher behavior and student outcomes: Results of a European study. Educational Assessment, Evaluation and Accountability; Dordrecht Vol. 26, Iss. 1, (Feb 2014): 73-93.

Rice, Suzanne M. (2010) Getting Our Best Teachers into Disadvantaged Schools: Differences in the Professional and Personal Factors Attracting More Effective and Less Effective Teachers to A School. Educational Research for Policy and Practice; Dordrecht, Vol. 9, Iss. 3, (Oct 2010): 177-192.

Septhevian, Rani (2014) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Orangtua dalam Memilih Sekolah Dasar (SD). Jurnal Magister Manajemen. p.1-14.

Wardiyati, K. (2016) Eksplorasi Faktor –faktor yang Mempengaruhi Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah di SMK Negeri 4 Surakarta. Surakarta: Thesis – Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yusuf,H.O. (2014) Assessment of Availability of the Human Resources and Materials Resources for the Implementation of the New Basic Education English Language Curricullum in Kaduna State. “The Online Journal of New Horizons of Educations. Vol 4. Issue 3, pp. 233-238.


Article Metrics

Abstract view : 184 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3