PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Nurul Anggraeni

Abstract


Tujuanpenelitianiniadalah mendeskripsikanpengertian, fungsi, tujuan, karakteristik, peran guru,orang tua, masyarakat, dan perencanaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan media pembelajaran dalam pendidikan sekolah dasar.Jenispenelitianini adalahpenelitiankualitatifdengan desainfenomenologi.Nara sumberdalam penelitian adalah kepala sekolah, guru, orangtua, dan masyarakat. Teknik pengumpulandata adalahwawancaramendalam,observasi,dandokumentasi. Analisisdatamenggunakanmodelinteraktif.Penelitianinimemilikiempat hasil.1. Memahami pengertian, fungsi, tujuan, karakteristik, peran guru,orang tua, masyarakat dalam pendidikan sekolah dasar; 2. Perencanaan media pembelajaran adalah menginventarisir jenis media pembelajaran,merelevansikanmedia denganmateriajar,mengkonfirmasikan mediapembelajarandengan gurulainatautemansatugugus,mempersiapkan dukunganbukupaketdari pemerintah,danmenuangkan rencana penggunaan media dalamperangkatpembelajaran;3.Pemanfaatan media pembelajaranadalah mampumenunjukkanmediapembelajaranmampumembuatsiswa lebihmudah memahamimateriajar; 4. Pemeliharaanmedia pembelajaranadalahmenjaga mediapembelajaranberupa materiataubenda.

Keywords


Pendidikan Dasar, Media, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Chang, Kim (2014). “College Students Perception Toward Instructional Media for Enhancing Their Learning Improven”. International Information Institute Tokyo; pg. 3105

Creswell.John W. (2014) Penelitian Kualitatif & Desain Riset “Memilih Di Antara Lima Pendekatan”. (Edisi ke-3). Yogyakarta: PustakaPelajar.

Kautromanus, Nikolaos. 2015. “Enhancing Media Literacy and Learning Through Game Playing and Evaluation Methods”. University of Athens.2015

Mulyasa, E. 2003.Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Steer, Dan. 2012. “Improve Formal Learning with Social Media”. ProQuest Research Library.pg.31

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pedidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D”. (Cetakan ke-18). Bandung: CV. Alfabeta.

Sutama. (2011). Metode Penelitian Pendidikan “Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D”. (Cetakan Ke-3). Kartasura: Fairus Media.

Tim de Jong, Marcus Sp. echt and Rob Koper,2008.” Contextualised Media for Learning”. Educational Technology Expertise Centre, Open University of the Netherlands.


Article Metrics

Abstract view : 101 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3