MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Agustan Syamsuddin(1*),

(1) agustan@unismuh.ac.id
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini mengkaji pengaruh media pembelajaran manipulatif terhadap hasil belajar matematika murid kelas IV SD Negeri Katangka 1, Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media manipulatif terhadap hasil belajar matematika murid kelas IV SD Negeri Katangka 1, Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah murid kelas IV murid kelas IV SD Negeri Katangka 1, Makassar, sebanyak 18 orang yang terdiri dari 8 murid laki-laki dan 10 murid perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika berupa pre-test dan post-test, serta angket pengaruh penggunaan media manipulatif untuk mengetahui respon murid terhadap pembelajaran. Adapun hasil yang diperoleh sebagai berikut. (1) Hasil belajar murid sebelum diberikan perlakuan yaitu dari 18 murid terdapat 6 (33,33 %) yang tuntas dan 12 (66,66 %) yang tidak tuntas. Skor rata-rata pre-test yaitu 46,11 berada pada kategori sangat rendah. Adapun setelah diberikan perlakuan dari 18 murid terdapat 10 (55,55 %) yang tuntas dan 8 (44,44 %) yang tidak tuntas. Skor rata-rata post-test 77,77 berada pada kategori tinggi. (2) Respon murid terhadap media manipulatif dalam kategori tinggi dengan persentase 80%, artinya murid memberikan respon positif terhadap penggunaan media manipulatif selama pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa media manipulatif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika murid kelas IV SD Negeri Katangka 1, Makassar.

Keywords


media pembelajaran manipulatif, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Hasnida. 2014. Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Hudojo. 1988. Mengajar Bahan Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Sundayana, R. 2013. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.Jakarta:Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 1318 times | PDF view : 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3