PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENUNJANG KINERJA GURU

Alfian Erwinsyah(1*),

(1) IAIN Sultan Amai Gorontalo, Jalan Gelatik No. 1 Kota Gorontalo
(*) Corresponding Author



Abstract


Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam menunjang kinerja guru dan apa saja kendala dan strategi penerapan pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam menunjang kinerja guru Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunaan pendekatan naturalistik teknik pengumpulan data yang digunakan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangan, teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam menunjang kinerja guru di SMA Negeri 1 Limboto sudah termasuk baik dengan didukungganya fasilitas teknologi informasi yang memadai. Sebagai guru untuk melaksanakan tugas secara profesional teknologi informasi merupakan penunjang penting dalam proses pembelajaran dimana dengan teknologi informasi proses penyampaian materi lebih mudah dan bervariasi dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan. Adapun kendala dan upaya masih ada beberapa guru dan peserta didiknya yang belum menguasai teknologi informasi, tetapi kendalah tersebut dapat diatasi dengan upaya pelatihan guru dalam menggunaan teknologi informasi yang dilakukan guru yang sudah tahu menggunaan teknologi informasi pada guru yang belum menguasai teknologi informasi. Kesimpulan penerapan pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam menunjang kinerja guru di SMA Negeri 1 limboto sudah termasuk baik dengan didukungnya fasilitas teknologi informasi yang memadai. Sebagai guru untuk melaksanakan tugas secara profesional teknologi informasi merupakan penunjang penting dalam proses pembelajaran dimana dengan teknologi informasi proses penyampaian materi lebih mudah dan bervariasi dalam menyanpaikan materi yang akan diajarkan.

Keywords


Teknologi Informasi, Kinerja Guru.

Full Text:

PDF

References


Agus, Mulyon. (2012). Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Diva Press,

Azhar, Arsyad. (2010). Media Pengajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Damin, Sudarwan. (2011). Profesionalisasi Dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alphabet.

David, J. Hunger, Dkk. (2011). Manajemen Strategi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ety Rochaety. (2011). System Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathul, Wahid. (2013). Teknologi Informasi Dan Pendidikan. Yogyakarta: Ardana Media.

Hadari, Nawawi. (2010) Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2014). Prestasi Kinerja Pegawai. Yogyakarta, Bumi Putra.

Ma’mur, Jamal. (2010). Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Yogyakarta: Diva Press.

Miarso, Yusufhadi. (2013). Meyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Priansa, Donni Juni. (2014). Kinerja dan Profesional Guru. Bandung: Alfabeta.

Renaldy, Bisma. (2013). Masa Depan dan Teknologi. Yogyakarta: Diva Press.

Richardus. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Institusi Pendidikan, Surabaya: Arkola.

Saud, Udin Syarfuddin. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. (2010). Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pendidikan. Gorontalo: UNG-Press.


Article Metrics

Abstract view : 1480 times | PDF view : 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3