PENGEMBANGAN MODEL KINERJA BERDASARKAN FAKTOR PENENTU KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN MEDAN KOTA

Sukarman Purba(1*),

(1) Dosen FT dan Pascasarjana Unimed, Jl Wilem Iskandar Medan-Sumatera Utara
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penentu kinerja, yaitu kepemimpinan kepala sekolah, modal intelektual, dan motivasi berprestasi guru Negeri SMP Negeri di Kecamatan Medan Kota. Poulasi penelitian seluruh guru SMP Negeri di Kecamatan Medan Kota sebanyak 324 orang. Jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin sebanyak 180 orang dengan mengggunakan proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan lima pilihan. Teknik analisis data dilakukan dalam dua tahap yakni secara deskriptif dan inferensial, setelah dilakukan uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis jalur (path analysis) dan untuk menguji kecocokan model teoretik digunakan uji goodness of fit dengan menggunakan Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian melalui pengujian hipotesis ternyata kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh langsung positif terhadap motivasi berprestasi, modal intelektual berpengaruh langsung positif terhadap motivasi berprestasi, kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh langsung positif terhadap kinerja, modal intelektual berpengaruh langsung positif terhadap kinerja, dan motivasi berprestasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja. Semua hipotesis yang diajukan teruji kebenarannya sehingga ditemukan suatu fixed model atau model teoretik yang menggambarkan struktur hubungan kausal antara variabel kepemimpinan kepala sekolah, modal intelektual, motivasi berprestasi, dan kinerja guru SMP Negeri Di Kecamatan Medan Kota. Berdasarkan temuan penelitian kinerja guru dapat ditingkatkan bila kepemimpinan kepala sekolah, modal intelektual, dan motivasi berprestasi ditingkatkan. Besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, modal intelektual, dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru sebesar 35,11 persen, sedangkan sisanya ditentukan faktor lain.

Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah, Modal Intelektual, Motivasi Berprestasi, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Brooking and Motta. (1996). Make Knowledge an Asset for The Whole Company, Computerworld. December, p. 16

Edvinsson. L. (2000). “Some Perspective on Intangible and Intelectual Capital”. Journal of Intelectual Capital, Vol. 1. No. 3, p. 12.

Fattah, Nanang. (2003). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Gultom, Hansen. (2017). “Pengaruh SupervisiAkademik Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Kepuasan kerja terhadap Kinerja Guru SMP di Kota Medan”. Tesis. Medan: Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Hersey, Paul & Ken Blanchard. (1996). Manajemen Perilaku Organisasi, Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Edsisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Erlangga

Lumban Gaol, Masdiana. (2010). “Pengaruh Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Pengendalian Stres terhadap Komitmen Guru. Studi Empiris di Sub Rayon SMPN 41 Medan”. Tesis. Medan: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan.

Manullang, Belferik (2006). Kepemimpinan Pedagogis: Membangun Karakter Sumber Daya Manusia. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Manullang. M. (2008). Manajemen Personalia. Edisi Ke-4 Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Newstrom, John W. (2007). Organizational Behavior. New York: Mc. Graw Hill.

Natawidjaja, Rahman dan Moein. H.A. (1991). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi.

Purba Sukarman, (2009).. ”Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan. Jakarta:UHAMKA.

___________, (2010). Kinerja Pimpinan Jurusan di Perguruan Tinggi. Yogjakarta: LaksBang Pressindo.

Rivai, Veithzal. (2008). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sagala, Syaiful. (2007). Desain Organisasi Pendidikan dalam Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah. Jakarta: Uhamka Press.

Soedijarto. (1998). Pendidikan sebagai Sarana Reformasi Mental dalam Upaya Pembangunan Bangsa. Jakarta: Balai Pustaka.

Stewart, Thomas A. (1997). Intellectual Capital: The New Wealth of Organizations, London: Nicholas Brealey Publishing, p. x

Subroto, Suryo. (1997). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tilaar, H.A.R. (1997). Pengembangan Sumberdaya Manusia Dalam Era Globalisasi: Visi, Misi, dan Program Aksi Pendidikan dan Pelatihan Menuju 2020. Jakarta: Grasindo.

Ulrich, Dave, et al. (1998). Intellectual Capital = Competence x Commitment. Sloan Management Review, Vol 39, p. 16

Usman, Husaini (2008). Manajemen Teori: Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. (1992). Motivasi dan Kepemimpinan. Jakarta: Graha Indonesia.

Yukl, Gary. (2007). Kepemimpinan dalam organisasi. Jakarta: Indeks


Article Metrics

Abstract view : 493 times | PDF view : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3