KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN DISIPLIN KERJA GURU DI SMA 5 SAMARINDA

Mursalim Mursalim, Nani Hariyani

Abstract


Keterampilan manajerial kepala sekolah sangat penting terhadap perkembangan mutu atau kualitas sekolah. Hal ini disebabkan karena dengan memiliki kemampuan managerial kepala sekolah akan mampu mengelola sekolah dengan baik dan professional sehingga seorang kepala sekolah akan mengetahui bagaimana mengelola sebuah sekolah secara sistematis sehingga segala perencanaan dan kebijakan sekolah yang dibuat dapat berjalan dengan baik. Itulah sebabnya peneliti mencoba meneliti penelitian yang berjudul, “Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dalam Peningkatan Disiplin Kerja Guru Di SMA 5 Samarinda”. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat pembaca mengenai keterampilan managerial kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru di SMA Negeri 5 Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif adalah metode yang digunakan untuk membedah suatu fenomena di lapangan. Selanjutnya, aspek-aspek materi yang akan dipaparkan pada makalah hasil penelitian ini adalah seperti berikut: (1) pendahuluan, (2) pembahasan dan uraian materi meliputi; perencanaan keterampilan managerial kepala sekolah, pelaksanaan keterampilan managerial kepala sekolah, kendala pelaksanaan keterampilan managerial kepala sekolah, dan (3) kesimpulan.

Full Text:

PDF

References


Agustina, Iyus M. 2009. Pengembangan Keterampilan manajerial Kepala Sekolah Melalui Pendidikan dan Pelatihan Bagi Kepala SMA Wilayah Kepengawasan I Kota Bandung, dalam Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd. (2010), Penelitian Tindakan Sekolah Meningkatkan Produktifitas Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Basri, Hasan. 2014.Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Cohen, S and Syme, S.I. 2005. Social Support and Health, (London: Academic Press Inc.

Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Danim, Sudarwan. 2008. Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Gusti. 2012. Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi Kerja, dan Persepsi Guru. Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMKN Purworejo Pasca Sertifikasi. Jurnal Penelitian. Yogyakarta: UNY.

Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Ivancevich, John. (2001). Human Resource Management: Foundation of Personal. Richard D

Juwita, Rukmi. 2013. Pengaruh Implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan dan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal. Bandung: Politeknik Pos Indonesia.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1996. Qualitative Data Analysis. Baverly Hill: Sage Publication Inc.

Mulyasa. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Kontek Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nitisemito, Alex S. 1996. Manajemen Personalia (Manajeme Sumber Daya Manusia) Edisi ketiga. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Pidarta, Made. 2007. Wawasan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono 2014. Metode Penelitian Management. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyani, Ambar Teguh. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tilaar, H.A. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 168 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3