Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemberian Tugas Terstruktur dan Tugas Mandiri Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia di Kelas VIII MTs Negeri 2 Makassar

S Supiana, Muthahhir Muchtar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kritis dan motivasi belajar melalui pemberian tugas terstruktur dan tugas mandiri pada siswa kelas VIII-9 dan VIII-10 MTsN 2 Makassar Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen (quasi experiment). Populasi dan sampel adalah siswa kelas VIII-9 dan VIII-10 MTsN 2 Makassar Tahun Pelajaran 2017-2018. Data yang dikumpulkan berupa tes kemampuan berfikir kritis dan tes motivasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan memaparkan mean, standar deviasi, dan presentase sedangkan analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis melalui uji t-test dan sebelum dilakukan uji t-test terlebih dahulu uji normalitas dan homogenitas varians. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara kelas eksperimen tugas terstruktur dan kelas eksperimen tugas mandiri, yang dibuktikan dengan nilai thitung data yaitu (5,31). Dimana berdasarkan kriteria uji maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak karena nilai thitung lebih besar dibanding nilai ttabel (1,67). Ada perbedaan motivasi belajar antara kelas eksperimen tugas terstruktur dan kelas eksperimen tugas mandiri, yang dibuktikan dengan nilai motivasi belajar tugas terstruktur (3,37) lebih rendah dibanding motivasi belajar tugas mandiri (3,54), dan nilai thitung (1,70). Dimana berdasarkan kriteria uji maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak karena nilai thitung lebih besar dibanding nilai ttabel (1,67).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.2685/sainsmat7273632018

Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 S Supiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.