Tingkat Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Gerak Menggunakan Peta Pikir (Mind Map)

Nazhat Afsani(1*), Abdul Muis(2), Arifah Novia Arifin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat5264492016

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research) yang dilaksanakan selama dua siklus. Tujuan penelitian ini meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan peta pikir. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 9 Makassar. Data penelitian yang dikumpulkan ada 2 yaitu aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik dikumpulkan selama proses pembelajaran berlangsung yang diamati oleh 2 orang observer dengan menggunakan lembar observasi, selanjutnya data hasil belajar diperoleh melalui pemberian tes evaluasi yang dilaksanakan dengan mengambil jam pelajaran biologi pada pertemuan ketiga setiap siklus, tes akhir siklus yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 item. Semua data yang diperoleh dianalisis melalui 3 cara yaitu analisis kualitatif untuk aktivitas belajar peserta didik, kuantitatif untuk hasil belajar peserta didik, dan gain ternormalisasi untuk mengetahui kategori selisih peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian mengenai aktivitas belajar peserta didik yang telah dianalisis menunjukkan rata-rata pada siklus I sebesar 75,10%, sedangkan pada siklus II sebesar 88,57%, sehingga selisih peningkatannya sebesar 13,47%. Melalui analisis kuantitatif, maka diketahui kategori ketuntasan hasil belajar peserta didik dimana jumlah persentase peserta didik yang tuntas pada siklus I 71,43%, sedangkan pada siklus II mencapai 91,43%. Diiringi dengan penurunan kategori peserta didik yang tidak tuntas pada siklus I sebesar 28,57% menjadi 8,57% pada siklus II. Berdasarkan analisis gain, rata-rata peningkatan hasil belajar siklus II terhadap siklus I sebesar 0,46 atau kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan peta pikir dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 243 times | PDF view : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nazhat Afsani, Abdul Muis, Arifah Novia Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.