Pengembangan Media Visual Flash Card pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Elsa Damayanti(1*), Sitti Rahma Yunus(2), Sudarto Sudarto(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA, FMIPA Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, FMIPA Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, FMIPA Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat5264462016

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan media visual flash card pada materi interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini merujuk pada langkah-langkah pengembangan pembelajaran model Plomp yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap investigasi awal (preliminary investigation), tahap perancangan (design), tahap realisasi konstruksi (realization construction), tahap tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revition) dan tahap implementasi (implementation). Produk yang dihasilkan adalah media visual flash card.  Instrumen penelitian yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu instrumen kevalidan yang mencakup lembar validasi media visual flash card dan instrumen keefektifan meliputi angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah media visual flash card yang diujikan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Palangga tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 43 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data melalui kuesioner dan tes. Analisis validasi media visual flash card oleh dua validator diperoleh hasil rata-rata yaitu 4 yang artinya valid. Berdasarkan analisis angket respon peserta didik diperoleh hasil 86% peserta didik menyatakan bahwa media visual flash card baik sekali digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan tes hasil belajar peserta didik kelas VII diperoleh hasil yaitu sebanyak 40 peserta didik yang mencapai nilai KKM 70 dengan persentase ketuntasan 93%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media visual flash card efektif digunakan dalam pembelajaran IPA pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 733 times | PDF view : 639 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Elsa Damayanti, Sitti Rahma Yunus, Sudarto Sudarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.