Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 6 Wajo (Studi Pada Materi Pokok Larutan Penyangga)

Ayu Ashari(1*), Sumiati Side(2), S. Sugiarti(3),

(1) Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat82107242019

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi larutan penyangga, serta untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan keterampilan berpikir kritis. Penelitian dilaksanakan di SMAN 6 Wajo semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eskperimen dan XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling. Jenis penelitian adalah quasi experimental dengan desain penelitian pretest posttest control grup design untuk keterampilan berikir kritis dan posttest onlycontrol grup design untuk motivasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji statistik yang digunakan yaitu uji man wihtney untuk mengetahui pengaruh sedangkan untuk mengetahui hubungan menggunakan uji korelasi spearman. Hasil penelitian yaitu: 1. Ada pengaruh signifikan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar 2. Ada pengaruh signifikan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis,3. Ada hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan keterampilan berpikir kritis.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 387 times | PDF view : 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ayu Ashari, Sumiati Side, S. Sugiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.