Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E yang Terintegrasi dengan Metode Problem Solving
Nurul Ilmi
(1*), Pince Salempa
(2), Sumiati Side
(3),
(1) Jurusan Kimia/ Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Kimia/ Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Kimia/ Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI:
https://doi.org/10.35580/sainsmat82107182019
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menemukan langkah-langkah penerapan model pembelajaran learning cycle 5E yang terintegrasi dengan metode problem solving sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi titrasi dan kesetimbangan larutan. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah di setiap akhir siklus. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan gambaran umum tentang data yang diperoleh selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik meningkat setelah menerapkan model pembelajaran learning cycle 5E dengan langkah-langkah fase engagement, fase exploration, fase explanation, fase elaboration yang terintegrasi dengan metode problem solving, dan fase evaluation. Hasil analisis data rata-rata aktivitas belajar peserta didik terjadi peningkatan yaitu dari 72.0% pada siklus I menjadi 76.3% pada siklus II. Sedangkan pada persentase rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik juga terjadi peningkatan yaitu dari 78.3% pada siklus I meningkat menjadi 84.8% pada siklus selanjutnya
Article Metrics
Abstract
view : 390 times |
PDF view :
135 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Nurul Ilmi, Pince Salempa, Sumiati Side
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.