PILIHAN KOSAKATA NILAI EKSPRIENSIAL KEKUASAN GURU PEREMPUAN BUGIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Asri Ismail(1*),

(1) Pascasarjana Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6309

Abstract


Artikel ini mengulas tentang pilihan kosakata dalam nilai ekspriensial yang dilakukan guru perempuan Bugis dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Dalam kajian tersebut, tuturan guru dalam mengajar dipandang sebagai interaksi verbal yang menjadi muara terhadap terciptanya praktik kekuasan. Praktik-praktik kekuasaan itu ditelusuri melalui pilihan kosakata yang terlihat dalam nilai ekspriensial. Model analisis wacana yang digunakan adalah model Norman Fariclough pada wilayah teks, yakni kosakata. Pilihan kosakata dilihat dari nilai ekspriensial ditemukan penggunaan kosakata yang berefek meyakinkan, pendominasian, dan pengontrolan. Hasil analisisnya ditemukan bahwa perlawanan guru perempuan Bugis dalam wacana kelas merupakan bentuk ketidakpuasan atas tradisi patriarki yang berlaku dalam masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Cuellar, S. B. 2004. Women's Language: a Struggle to Overcome Inequality. Makalah ini disajikan dalam Seminar Internasional on Language, Gender, and Culture, Universitas Hamburg, 18 November 2004. (online), http://www. scielo.org.co/pdf/fyf/n19/n19a08.pdf, diakses: 20 Agustus 2018.

Eriyanti, R. W. 2014. Konstruksi Ideologi Bahasa Gu-ru dalam Pembelajaran di Kelas. Litera, 13 (1): 53–66.

Eriyanti, R. W. 2018. Power Gap as One of the Trigger of Verbal Abuses Committed by Teachers in Schools. International Journal of Instruction, 11 (1): 363–378.

Eriyanto. 2012. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS

Fairclough, N. 1989. Language and Power; Relasi Bahasa, Kekuasaan, dan Ideologi (Diterjemah-kan oleh Indah Rohani). Malang: Boyan Pub-lishing.

Haryatmoko. 2014. Etika Politik dan Kekuasaan. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Idrus, N. I. 2005. Siri', Gender, and Sexuality Among the Bugis in South Sulawesi. Antropologi Indonesia, 29 (1):38–55.

Jumadi. 2005. Representasi Power dalam Wacana Ke-las (Kajian Etnografi Komunikasi di SMA 1 Malang). Disertasi. Malang: Pascasarjana UM.

Mahmud, M. 2011. Politeness Practicess in Buginese Society. Kajian Linguistik dan Sastra, 23 (1):19–29.

Maulana, dkk. 2011. Teacher–Student Interperso-nal Relationships in Indonesia: Profiles and Im-portance to Student Motivation. Asia Pacific Journal of Education, 3 1(1): 33–49, doi:10. 1080/02188791.2011.544061.

Santoso, A. 2009. Bahasa Perempuan: Sebuah Potret Ideologi Perjuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Santoso, A. 2012. Studi Bahasa Kritis: Menguak Bahasa, Membongkar Kuasa. Bandung: Mandar Maju.

Schrodt, P., Witt, P. L. & Turman, P. D. 2007. Reconsidering the Measurement of Teacher Power Use in the College Classroom. Communication Education, 56 (3): 308–332, doi:10.1080/0363-4520701256062.

Sultan. 2010. Gaya Bahasa dalam Interaksi Pembel-ajaran. Indonesian Journal of Educational Studies, 11 (2):82–89.

Sultan. 2016. Teacher’s Domination in Classroom Interactions: A Critical Analysis for Developing a Qualified Teacher-Students Relationship. Proceeding of the International Conference on Teacher Training and Education, 1(1), 987–998. Retrieved http://jurnal.fkip.uns.ac.id/ index.php/ictte/article/view/8443.

Syamsudduha. 2014. Dimensi Kewacanaan Pappaseng: Kajian Wacan Kritis. Disertasi. Ma-kassar: Pascasarjana UNM.

Thomas, L. dan Wareing, S. 1999. Language, Society, and Power (Diterjemahkan oleh Abd. Syukur Ibrahim). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wash, S. 2011. Exploring Classroom Discourse: Language in action. New York: Routledge.

Yanto, J. A. 2014. Representasi Kekuasaan pada Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII A SMP Negeri 10 Kota Bumi Tahun Pelajaran 2013/2014. Tesis. Lapung: Universitas Lampung.


Article Metrics

Abstract view : 861 times | PDF view : 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Asri Ismail

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI).

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

Email: retorika@unm.ac.id

e-ISSN 2614-2716

p-ISSN 2301-4768

Indexed by:

Creative Commons License
RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra,dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.