REPRESENTASI KALIMAT PADA TUTURAN ANAK USIA 3,6 TAHUN
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6210
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alwi, H, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Indonesia (Edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Aziz. 2012. Pemerolehan Kosakata Bahasa Pertama Anak Kedua Usia 16 Bulan. Jurnal Re-torika. 8 (2):84–87.
Clark, H. H. and Clark, E.V. 1977. Psychology and Language: An Introduction to Psycholinguis-tics. New York: Harcourt Brace Jovanovich.
Dardjowidjojo, Soenjono. 2014. Psikolinguistik: Pe-ngantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi keempat). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hutauruk, Bertaria Sohnata. 2015. Children First Language Acquisition At Age 1-3 Years Old In Balata. IOSR Journal Of Hu-maniora and Social Science (IOSR-JHSS), 20 (8): 51-57.
Miles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael. 2014. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Universitas Indone-sia (UI-Press).
Mokhtar, Masrurah. 2000. Interferensi Morfologis Penutur Bahasa Bugis dalam Berba-hasa Indonesia. Jurnal Humaniora. 12 (2): 219–224.
Mushaitir. 2016. Pemerolehan Sintaksis (B1) Bahasa Sasak Pada Anak Usia 4-6 Tahun di Lombok Timur Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 16 (1): 33–42.
Natsir, Nurasia. 2017. Hubungan Psikolinguistik dalam Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa. Jurnal Retorika. 10 (1): 1–17.
Richard Jack C.dan Richard Schmidt. 2002. Longman Dictionary of Language Teaching and Applied. Linguistics. London: Pearson Educa-tion, Ltd.
Salamah, Siti. 2015. Studi Ringkas Pemerolehan Bahasa Anak. Jurnal Bahasastra. 33 (2): 73–82.
Saputri, Ria. 2018. Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan (Jurnalistrendi). 2 (4): 210-214.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Ban-dung: Alfabeta.
Sundari, Hanna. 2016. Pengaruh Input Bahasa Orang Tua Terhadap Kompleksitas Bahasa Anak: Studi Kasus Pada Anak Usia 5 Tahun Melalui In-teractive Shared Reading. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 16 (1): 110–121.
Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Trinowismanto, Yosep. 2016. Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 0 s.d. 3 Tahun dalam Bahasa Sehari-hari. Skripsi. Jogjakarta: Universi-tas Sanata Dharma.
Usman, Hakim. 2015. Studi Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 4 Tahun. Jurnal Linguistik Terapan. 5 (2): 1–13.
Article Metrics
Abstract view : 785 times | PDF view : 171 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Nursalam Nursalam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI).
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
Email: retorika@unm.ac.id
Indexed by:
RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra,dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.