Penerapan Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar

Rasmi Djabba, Abdul Halik

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran quantum learning dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 140 Kabere. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan diterapkannya model pembelajaran quantum learning. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 140 Kabere.

Keywords


hasil belajar; quantum teaching

Full Text:

PDF

References


DePorter, Bobbi dkk. 2014. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas: Penerjemah: Ary Nilandari. Cetakan ke-II. Bandung: Kaifa.

Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana, Syaodih Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.8444

Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Rasmi Djabba, Abdul Halik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.