Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar

Bahrudi Efendi Damanik(1*),

(1) AMIK TUNAS BANGSA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar, pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar, dan pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 orang. Metode yang digunakan adalah metode sampling jenuh yaitu teknik pengumpulan data melalui wawancara, survei dan penyebaran kuesioner kepada responden. Data yang telah didistribusikan kemudian diproses menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan koefisien determinan. Hasil analisis menunjukkan bahwa fasilitas pembelajaran parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, t hitung> ttabel (2,390> 1,991), lingkungan belajar parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, t hitung> ttabel (4,229> 1,991). , dan hasil penelitian dan lingkungan belajar secara bersamaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, Fhitung> Ftabel (25,872> 2,720).


Keywords


Fasilitas; lingkungan belajar; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, S. (2000). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Baihaqi dkk, 2005.Psikiatri ( Konsep Dasar dan Gangguan-gangguan ). Bandung : Refika Aditama.

Dariyo, Agus. (2008). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: PT Grasindo. Departemen Pendidikan Nasional.(2009). Sistem Pendidikan.

Darsono, Max dkk. 2000. Belajar Dan Pembelajaran. Semarang: IKIP

Depdiknas. 2005. Undang-Undang No.14 Tahun 2005.Guru dan Dosen.Bandung. Fokusmedia.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002) Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gunawan, Ary H., 2000, Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi tentang Pelbagai Problem Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Hadikusumo, Kunaryo, dkk. 1996. Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Hakim, Thursan, 2000, Belajar Secara Efektif, Jakarta: Pupsa Swara.

Hamid, Sanusi. 2015. Manajemen Sumber Daya Lamjutan. Yogyakarta: Deepublish.

Handayani, Santhy. 2005. Hubungan tentang Kinerja Guru PPL Dengan Motivasi Belajar Siswa Tingkat I SMK Negeri 5 Bandung. Skripsi FPTK UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.

Sanadi, Lukman. 2013.Pengaruh Motivasi dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE)Vol 1 No.3 E-Journal UNESA

Sardiman AM. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 11631 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Bahrudi Efendi Damanik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by