Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Matematika Melalui Problem Based Learning berbasis Critical Thinking

Aulia Nur Fadilla
Slameto Slameto


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v8i3.6426

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kemampuan pemecahan masalah matematika kelas III SDN Salatiga 1 melalui model Problem Based Learning berbasis Critical Thinking. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan variabel tunggal, yaitu hasil belajar kemampuan pemecahan masalah matematika kelas III. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes, lembar aktivitas siswa, lembar observasi. Data hasil tes dan pengamatan dianalisis dengan teknik stastistik deskriptif berupa rata-rata hitung dan persentase. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika kelas III tergolong baik. Namun untuk mewujudkan harapan orangtua yang tertuang dalam program sekolah menjadi sekolah unggul, perlu adanya peningkatan hasil belajar. Sekolah dianggap unggul jika telah melampui standar nasional dan di atas dari yang sekolah lain. Untuk mewujudkan hal tersebut, dapat direkomendasikan kepada semua pihak dalam dunia pendidikan agar lebih berupaya dalam meningkatkan proses pembelajaran matematika di sekolah dasar melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Critical Thinking. Peningkatan penelitian ini dapat terlihat dari nilai rata-rata 83,64 dengan presentase ketuntasan 82% pada siklus I menjadi nilai rata-rata 91,07 dengan presentase ketuntasan 90% pada siklus II.  Kesimpulan penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran matematika di sekolah dasar melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Critical Thinking pada setiap siklus.


Keywords


aktivitas, hasil, pemecahan masalah; siswa SD; unggul

Full Text:

PDF

References


Astuti, Dwi Afnan Puji. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah (JS), Vol 2 (2), 102-109.

Beetlestone. 2012. Creative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreatifitas Siswa. Bandung: Nusa Media.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dipl, Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Farimah, Wike. Peningkatan Hasil Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Kotak Hitam Putih. Kalam Cendekia, Vol 6 (2.1), 7-12.

Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jamaris, Martini. 2015. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Murniati, Endyah. 2012. Mengajarkan Matematika dengan Fun. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Pagarra, Hamzah. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Solving pada Siswa Kelas V SDN Kakatua Kecamatan Marisokota Makasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol VI (3), 203-213.

Rifai, Achmad dan Anni, Catharina Tri. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surya, Yenni Fitra. 2017. Penerapan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 002 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol 7 (3), 119-126.

Syamsuddin. 2018. Analisis Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III SD Negeri Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol 8 (1), 71-75.

Tampubolon, Saur M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.


Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Publikasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Free counters! Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. All published articles have been scanned with plagiarism prevention software. Articles that have been published are not a reflection of the attitudes and opinions of journals, editors and reviewers. The responsibility of the article content and or the result of writing including plagiarism is entirely in the author.