Penanaman Nilai Karakter Melalui Permainan Outdoor Bagi Anak-Anak Usia Dini di Wilayah RW 01 Kelurahan Pekayon Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur

Trie Utari Dewi, Sri Lestari Handayani

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi permasalahan mitra yang diidentifikasi meliputi (1) Umumnya para guru di PAUD lebih banyak memberikan kegiatan di dalam ruangan, (2) Kurangnya inovasi para guru dalam memberikan metode pengajaran melalui permainan, (3) Pengajar di PAUD Rw 01 Kel. Pekayon Kec. Pasar Rebo adalah ibu-ibu PKK dan bukan lulusan dari perguruan tinggi pendidikan anak usia dini, (4) Anak-anak tidak dapat beraktivitas dengan bebas karena terbatas dengan ruang dan media permainan outdoor, (5) Anak-anak menjadi pasif dikarenakan bosan akan kegiatan di dalam ruangan terus menerus, dan (6) Karakter anak yang seharusnya tumbuh sejak dini menjadi terhambat. Adapun solusi yang ditawarkan ialah memberikan pelatihan dan pendampingan pelaksanaan permainan outdoor bagi guru dan siswa PAUD RW 01 Kelurahan Pekayon. Target luaran pengandian ini berupa jasa pelatihan dan pendampingan permainan outdoor bagi siswa dan guru PAUD RW 01 Kelurahan Pekayon yang dilaksanakan selama dua hari. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, simulasi, dan diskusi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu memberi gambaran dan arahan kepada guru bahwa melakukan penanaman karakter siswa dapat melalui permainan-permainan outdoor yang bersifat edukatif. Permainan-permainan outdoor yang bersifat edukatif memberi kesempatan kepada siswa belajar bekerjasama, kekompakan, toleransi, kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, meningkatkan kreativitas, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai, kepemimpinan, kerjasama, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, religius, dan gemar membaca.


Keywords


Nilai Karakter; Permainan Outdoor; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Y., Hastuti, W., & Karmila, A. 2015. Lego (Puzzle Binggo) Games: Media Edukatif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dasar dalam Mewujudkan Generasi Indonesia Emas. Jurnal PENA, 2 (1), 296-307.

Amylia, Linda R. dan Sri Setyowati. 2014. Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok A di TK Tunas Harapan Menongo Sukodadi. Jurnal PAUD Teratai Vol 3, No. 3 Tahun 2014

Fadlillah, M. 2016. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. Dalam Prosiding Seminar Nasional “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Ekonomi ASEAN”.

Innayah. 2012. Media Audio Pembelajaran Untuk Pendidikan Dini dengan Model Permainan. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran No. 1 (2012)

Marzuki dan Lysa Hapsari. 2015. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, No. 2 Oktober 2015

Susilowati, R. 2014. Strategi Belajar Outdoor Bagi Anak PAUD. Thufula, 2 (1), 65-82.




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6418

Article Metrics

Abstract view : 286 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Trie Utari Dewi, Sri Lestari Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.