Pendampingan Aplikasi Chem Draw untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Bahan Ajar Student Centered Berbasis Informatika

Rina Hidayati Pratiwi
Endang Sulistyaniningsih
Fery Rahmawan


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v8i3.6339

Abstract


Kualitas karakter, kompetensi dan literasi dasar sehingga peserta didik cakap dalam memecahkan masalah, berpikir kritis, kolaborasi, dan berkomunikasi merupakan kecakapan yang dibutuhkan di abad 21. Studi ini bertujuan mengetahui hasil dari pelaksanaan pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas karakter, kompetensi dan literasi dasar profesionalisme guru di abad 21. Pelatihan tersebut ialah pendampingan peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan bahan ajar Student Centered berbasis informatika melalui aplikasi Chem Draw. Pelatihan ditujukan ke guru MI dan SMP di Depok sebanyak lebih kurang 30 peserta. Dari pelaksanaan kegiatan pelatihan telah diperoleh data kemampuan guru dalam menerapkan bahan ajar Student Centered berbasis informatika melalui penggunaan aplikasi Chem Draw. Sebanyak 63,34% peserta mendapatkan nilai di bawah 60, sedangkan yang mendapatkan nilai di atas 60 hanyalah sebanyak 36,66%. Peserta yang mendapatkan nilai di atas 60 semuanya dari guru MI. Guru MI yang mendapatkan nilai di atas 60 lebih banyak dari guru kelas, dimana guru kelas adalah guru yang mengampu hampir semua mata pelajaran di kelas. Berdasarkan hasil pengisian angket tampak jelas bahwa rata-rata seluruh persentase tanggapan positif lebih besar dari 70% dari jumlah total guru MI dan SMP. Dari uraian hasil dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan berhasil memenuhi tujuannya.


Keywords


bahan ajar; Chem Draw; MI; SMP; Student Centered

Full Text:

PDF

References


Arysad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.

Feiby, I. (2008). Solusi Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan vol 5 Januari-Juni. Diakses tanggal 1 Januari 2014.

Gunansyah, G., Rachmadiyanti, P., & Subagiyo, F. X. M. (2018). Pelatihan Keterampilan Informasi Melalui Pembuatan Media Literasi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(1), 13-18.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhaedah. (2012). IbM Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/ CTL) dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru di SDN INPRES Bira 2 Bontoa Makassar. Publikasi, II(2), 153-159.

Jesse, G. (2012). ChemOffice. Inggris: PerkinElmer Inc. Diakses tanggal 1 Januari 2014. http://www.chambridgesoft.com. Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Publikasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Free counters! Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. All published articles have been scanned with plagiarism prevention software. Articles that have been published are not a reflection of the attitudes and opinions of journals, editors and reviewers. The responsibility of the article content and or the result of writing including plagiarism is entirely in the author.