Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Togethers)

Tri Ardiyanti


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v8i2.5558

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas V SD ST.Theresia Marsudirini 77 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi hasil belajar pada pra siklus dan hasil belajar dari tes tertulis pada siklus 1. Teknik Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil belajar siswa pada pra siklus dengan siklus 1. Hasil penelitian pada pra-sepeda motor diperoleh data dari 45 siswa ada 13 siswa (28,89%) yang tuntas (≥70) dan 32 siswa (71,11%) belum selesai (˂70) dengan nilai rata-rata kelas 54,11. Sedangkan pada siklus pertama data hasil belajar berubah menjadi 34 siswa (75,55%) lengkap (≥70) dan 11 siswa (24,44%) belum selesai ˂70) dengan nilai rata-rata kelas 78,79. Berdasarkan hasil analisis uji t keduanya memiliki signifikansi 0,00 atau ˂ 0,05 (ɑ). Jadi dapat disimpulkan hasil pembelajaran pra siklus dengan siklus 1 adalah signifikan. Berdasarkan hasil observasi dan diskusi penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada proses pembelajaran terbukti meningkatkan hasil belajar siswa sebanyak 21 siswa diikuti oleh rata-rata kelas 24,68.


Keywords


Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; NHT

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Publikasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Free counters! Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. All published articles have been scanned with plagiarism prevention software. Articles that have been published are not a reflection of the attitudes and opinions of journals, editors and reviewers. The responsibility of the article content and or the result of writing including plagiarism is entirely in the author.