PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE INKUIRI SISWA KELAS V SD NEGERI 68 KEC. BACUKIKI KOTA PAREPARE
(1) UPP PGSD Parepare Fakultas Ilmu Pendidikan UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v6i2.1899
Abstract
Studi ini menelaah penerapan model inkuiri pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu Apakah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil blajar IPA tentang gaya dengan menerapkan metode inkuiri pada siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah proses dan hasil pembelajaran IPA mengenai gaya. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare, sebanyak 17 orang, yang terdiri dari 10 siswa laki – laki dan 7 siswi perempuan. Data dikumpulkan berdasarkan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dan dikategorikan kurang, namun pada siklus II indikator keberhasilan telah tercapai dan dikategorikan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare.
Kata Kunci: hasil belajar, metode inquiry
Full Text:
PDFReferences
Ahsan, Afriyadi. 2012. Model Pembelajaran, ( Online ); http:// Model Pembelajaran Inkuiri.htm/ , ( diakses 20 November 2013 ).
Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya : Insan
Cendekia
Azmiyawati, Choiril. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 5. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Duma, S. Y. (2017). Pengaruh model pembelajaran, gaya kognitif dan kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika Siswa SMPN 1 Rantepao. Journal of Educational Science and Technology (EST), 50-64.
Irvina, I. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD. Journal of Educational Science and Technology (EST), 56-70.
Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta,
Firman, Harry dan Widodo, Ari. 2007. Ilmu Pengtahuan Alam Sekolah Dasar.
Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Article Metrics
Abstract view : 876 times | PDF view : 2492 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Nurjanah Nurjanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by