PENGARUHTEKNIK MIND MIPPINGTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA PROGRAM BILINGUAL PGSD FIP UNM

Nurhaedah Nurhaedah(1*),

(1) Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v6i2.1898

Abstract


Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswaProgram Bilingual PGSD FIP UNM sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan sampel kelompok (cluster sample) yaitu mahasiswa Bilingual kelas BC.1.1 yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes membaca pemahaman. Hasil penelitian yang telah dikemukakan pada bagian pembahasan membuktikan bahwa penggunaan teknik mind mapping sangat membantu mahasiswa untuk memahami isi bacaan dengan mengorganisasikan ide yang mereka dapatkan dalam bacaan dalam bentuk mind mapping. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa teknik mind mapping dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami teks bacaan yang berbahasaInggris.Hal tersebut dibuktikan dengan perbedaan nilai yang diperoleh mahasiswa sebelum dan sesudah menerima perlakuan.

Kata Kunci: membaca pemahaman, metode Mind Mapping


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 243 times | PDF view : 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Nurhaedah Nurhaedah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by