KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD INPRES 12/79 BIRU 1 WATAMPONE
(1) Kampus VI UNM UPP PGSD Bone
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v2i2.1415
Abstract
Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif terhadap peningakatan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Inpres 12/79 Biru 1 Watampone. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil penelitian,maka dapat ditarik kesimpulan bahwa; 1) hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Inpres 12/79 Biru 1 Watampone yang diajar dengan pembelajaran kooperatif dikategorikan sedang degan skor rata-rata 11,45, 2) Hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Inpres 12/79 Biru 1 Watampone yang diajar dengan pembelajaran non-kooperatif dikategorikan rendah dengan skor rata-rata 10.10,dan 3) terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Inpres 12/79 Biru 1 Watampone yang diajar dengan pembelajaran kooperatif dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran nonkooperatif,baik bedasarkan kategori rata-rata.
Kata kunci: Efektif, kooperatif, hasil belajar.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 206 times | PDF view : 23 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2012 Makmur Nurdin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by