Pengaruh Penggunaan Teknik Token Economy Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SD Di Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Bahar Bahar(1*), Muh Rusli(2),

(1) Universitas Sawerigading Makassar
(2) Universitas Sawerigading Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10555

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan Teknik Token Economy terhadap motivasi belajar siswa serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan Teknik Token Economy terhadap motivasi belajar siswa SD di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan kuantitatif Jenis penelitian True-Experimental Design. Desain penelitian adalah Desain Matching Pretest-Posttest Control Group Design. penelitian sampel acak (Therandomized pretest-posttest control grouf design. Populasi adalah keseluruhan siswa SD Di Kecamatan Tamalate Kota Makassar berjumlah 46 Sekolah Dasar sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Maccini Sombala Kota Makassar. Hasil pengukuran motivasi belajar siswa menggunakan angket sebelum dan setelah pembelajaran dengan menerapkan Teknik Token Economy menunjukkan perbedaan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Teknik Token Economy memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas IV SD Inpres Maccini Sombala Kota Makassar.

Keywords


Teknik Token Economy; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Bundu, Patta. 2016. Asesmen Pembelajaran Untuk Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Padang: Hayfa Press.

Creswell, John. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurul Hidayah. Dkk. 2014. “Pengaruh Token Ekonomi Untk Mengurangi

Agresivitas Pada Siswa TK”. Jurnal Fakultas Psikologi Vol. 2, No 2, Desember 2014 ISSN : 2303-114X. (https://www.google.com/search?q=jurnal+ilmia+teknik+token+ekonomi&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab)

Mappasoro. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Makassar.

Martin, Garry dan Pear, Joseph. 2015. Modifikasi Perilaku Makna dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mujiyati. 2015. “Mereduksi prokrastinasi akademik mahasiswa melalui teknik token economy” Jurnal Fokus Konseling Volume 1 No. 2, Agustus 2015. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus

Muriyawati, 2016. Pengaruh Pemberian Token Ekonomi

Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2, No. 2 Agustus 2016. https://www.neliti.com/id/journals/jpsd-ahmad-dahlan

Purwanta, Edi. 2015. Modifikasi Perilaku Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ridwan. 2012. Metode dan Teknik Menyusun Proposal. Journal of Chemical Education, , Vol. 1: 11.

Runtkahu, Tombokan. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 581 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Bahar Bahar, Muh Rusli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by