Membangun Kesadaran Bernegara Di Sekolah Dasar
(1) SDN Jagir I/393, Surabaya
(2) STKIP Pasundan Cimahi
(3) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
(4) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.10297
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha membangun kesadaran bernegara di Sekolah Dasar. Metodologi penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VI C SDN Jagir I/393, Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran membangun kesadaran bernegara Di SDN Jagir I/393, Surabaya dilakukan dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Faktor penghambat pembelajaran membangun kesadaran bernegara Di SDN Jagir I/393 Surabaya adalah penyiapan pembelajaran, kemampuan mengendalikan kelas dan lingkungan peserta didik. Faktor pendukung pembelajaran membangun kesadaran bernegara di SDN Jagir I/393 Surabaya adalah curah pendapat antar guru di di SDN Jagir I/393 Surabaya, penyediakan sarana belajar, dan kepemimpinan, kebijakan kepala sekolah.
Full Text:
PDFReferences
A. Ubaedillah. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan Pancasila demokrasi dan korupsi. Jakarta: Media Group.
Anik, G. (2010). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan Edisi Khusus Dies Natalis UNY Th. XXIX.
Darsono, B. (2016). Menumbuhkan kesadaran berkonstitusi di lingkungan sekolah melalui pendidikan kewarganegaraan. HARMONY, 1(1), 14–29.
Flook, L., Smalley, S. L., Kitil, M. J., Galla, B. M., Kaiser-Greenland, S., Locke, J., … Kasari, C. (2010). Effects of Mindful Awareness Practices on Executive Functions in Elementary School Children. Journal of Applied School Psychology, 26(1), 70–95. https://doi.org/10.1080/15377900903379125
Hidayah, Y., Suyitno, Retansari, L., & Ulfah, N. (2018). Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 329–344.
M.D. Niron, C. A., Budiningsih, & Pujiriyanto. (2013). RUJUKAN INTEGRATIF DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. JURNAL KEPENDIDIKAN, 43(1), 19–31.
Maftuh, B. (2008). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. EDUCATIONIST, II(2).
Masitoh, D. (2009). Strategi Pembelajaran TK. Surakarta: Universitas Terbuka.
Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Moleong, J. . (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution.S. (1982). Berbagai Pendekatan dalam proses Belajar – mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nugraha, G. (2018). MENJADI PANCASILA : MEMBANGUN INDONESIA (Nasionalisme dalam Kesadaran Bernegara dan Berbudaya). In Prosiding Seminar Nasional PPKn 2018 “Seminar Nasional Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Persekolahan dan Kemasyarakatan” Laboratorium PPKn FKIP UNS, 7 Juli 2018 (pp. 1–14). Surakarta: Laboratorium PPKn FKIP UNS.
Nurhadianto. (2014). INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM UPAYA MEMBENTUK PELAJAR ANTI NARKOBA Nurhadianto,. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 44–54.
Sudjana, N. (1987). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Offset.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Yogyakarta: FIS UNY.
Suharjo. (2006). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan..
Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SD. || Edcomtech, 1(2), 129–136.
Winataputra, U. ., & Budimansyah, D. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Pendidikan Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa: Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis. Bandung: Widya Aksara Press.
Winataputra, U. S., & Budimansyah., D. (2017). Civic Education, Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: UPI.
Yunus, R. (2013). TRANSFORMASI NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL SEBAGAI UPAYA PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA (Penelitian Studi Kasus Budaya Huyula di Kota Gorontalo). Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 65–77.
Article Metrics
Abstract view : 721 times | PDF view : 11 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by