KONSEP LITERASI EKONOMI DIGITAL: TANTANGAN GURU DALAM MENYONGSONG ERA INDUSTRI 4.0

Abdul Azim Wahbi(1*), Sri Hapsari(2), Fahmi Hidayat(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author



Abstract


Literasi ekonomi digital merupakan kombinasi antara literasi ekonomi dan literasi digital, yakni keterampilan untuk dapat memahami dan menggunakan informasi mengenai ekonomi dari berbagai sumber yang ditampilkan di internet. Untuk itu, dilakukan penelitian pada guru SMP di Tangerang Selatan, Banten, Indonesia. Metode penelitian menggunakan mix method yakni kombinasi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa era digitalisasi ini memudahkan para guru dalam mengakses informasi khususnya pengambilan kebutusan berkaitan dengan kebutuhan ekonomi. Dengan pemahaman konsep literasi ekonomi yang dimiliki oleh para guru akan semakin memudahkan para guru untuk semakin bijak dan cerdas dalam pemenuhan kebutuhan di era industri.

Full Text:

PDF

References


Benson, D. (2004). 12 Kesalahan Bodoh Yang Dilaksanakan terhadap Uang Mereka dan Bagaimana Cara Mengatasinya. Batam: Gospel Press.

Creswell, John W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Deliarnov. (2005). Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hapsari, Sri dan Shahroza, Dhova. (2014). Pendidikan Kewirausahaan di Lapas dengan Pendekatan Minat Usaha. Vol. 2 (1): 47-55.

Hapsari, Sri. (2014). Konsep Scientific Approach di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional: Prospek Scientific Thinking dan Pengembangan Mutu Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum. 23 Agustus 2014, Ambon, hal. 93-101.

Hapsari, Sri. (2015). Peran Strategis Natsir Dalam Mewujudkan Pendidikan Integral. Vol. 2 (1): 83-90.

Hapsari, Sri. (2015). Telaah Teoritis: Internalisasi Nilai-nilai Demokrasi dalam Budaya Sekolah. Vol. 2 (2): 184-193.

Irianto, Yoyon Bahtiar. (2011). Kebijakan Pembaruan Pendidikan: Konsep, Teori, dan Model. Jakartaa: Rajawali Pers.

Jappelli, Tullio. (2009). Economic Literary: An International Comparison. Working Paper No. 238.

Marsh, Colin. (2008). Studies of Society and Environment: Exploring The Teaching Possibilities 5th. Australia:Pearson.

Permatasari, Ane. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015.

Rukismono, Martinus. (2011). Pengaruh Perilaku Konsumen dalam Mengambil Keputusan Memilih Jasa Transportasi Udara Lion Air di Surabaya. Vol. 5(2): 1-9.

Senduk, S. (2004). Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya: Lima Kiat Praktis Mengelola Gaji Agar Bisa Kaya. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sina, Peter Garlans. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia. Volume 8, nomor 2, Oktober 2012.

Tedjakusuma, Ritawati dkk. (2001). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Air Minum Mineral di Kotamadya Surabaya. Vol. 2(2): 48-58.

Yahya, Muhammad. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Industri. Disampaikan pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makasar tanggal 14 Maret 2018.


Article Metrics

Abstract view : 506 times | PDF view : 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat Panitia

Ruang Dosen Jurusan PLS FIP UNM

Gedung kantor Fakultas Ilmu Pendidikan

Jl. Tamalate I Tidung Makassar Kampus IV UNM Sektor Tidung

ISBN : 9786025339707