EFEKTIFITAS PELATIHAN TATA RIAS PENGANTIN TERHADAP PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI SKB KOTA PAREPARE

Ihwan Ridwan(1*), Nurhanah Ibrahim(2), A.Hasdiansyah A.Hasdiansyah(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Parepare
(2) Universitas Muhammadiyah Parepare
(3) Universitas Muhammadiyah Parepare
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas pelatihan tata rias pengantin terhadap pemberdayaan perempuan di sanggar kegiatan belajar masyarakat Kota Parepare, untuk mengetahui efektifitas program dengan menggunakan model evaluasi kirkpatrick empat level, level pertama reaksi berkaitan dengan kepuasan peserta pelatiha, level kedua pembelajaran berkaitan dengan pemahaman peserta pelatihan, level ketiga tingkah laku berkaitan dengan perilaku alumni setelah mengikuti pelaatihan, dan level keempat berkaitan dengan dampak program pelatihan tata rias pengantin. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif statistik evaluatif, populasi sampel sebanyak 20 peserta yang terdiri dari IRT yang berdomisili di Kecamatan Bacukiki Kota Pareparre, analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil peneltian menunjukkan: pertama kepuasan peserta tinggi pada aspek kompetensi instruktur, materi pembelajaran, dan jadwal yang disusun, namun pada aspek penyediaan fasilitas masih minim karena jumlah alat yang disediakan tidak sebanding dengan jumlah peserta yang ikut. kedua, sebelum diberikan pelatihan peserta belum mampu merias busana pengantin, wajah, dan rambut, setelah mengikuti pelatihan, peserta pelatihan sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan desain busana pengantin, merias wajah dan rambut. ketiga, peserta pelatihan lebih berperilaku baik ditempat magang, dan keempat, peserta mampu membuka usaha secara mandiri, mampu mendapatkan dana CSR untuk pengembangan usaha, mampu meningkatkan jumlah produksi dan pendapatan serta mampu membuka lapangan pekerjaan.

Full Text:

PDF

References


Anwar.(2012). Pendidikan kecakapan hidup (life skills education).Bandung: Alfabeta.

Basterretxea. I, et al (2003) Enterprise creation initiatives in basque vocational training centres. [Versi electronik] Journal vocational traning, european journal.Vol. 29, pp. 44.

BPS.(2013). Indonesia dalam angka.Diambil pada tanggal 29 September 2018, dari http://www.bps.go.id/menutab.php?kat=1&tabel=1&id_subyek=28

Ibnu. S. (2010) Pendidikan luar sekolah sebagai pemberdayaan dalam masyarakat.Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta; Diklus. Vol 14,no. 1, pp. 59.

Ihwan R & Suryono. Y. (2016) Evaluasi Program Pelatihan Vokasi di Sanggar Kegiatan Belajar Parepare Kota Makassar. Jurnal pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, Vol 2 Nomor 1. Pp 2477-2992.

Krikpatrick, D.L. & Krikpatrick, J.D. (2008). Evaluating training programs;.fourlevels programs ( ed) San Francisco, California: Montgomery Stereet.

Kuswana, W.R. (2013). Dasar-dasar pendidikan vokasi dan kejuruan. Bandung: Alfabeta.

Marios. G & Georigios.G. (2008).A team-sports-based life-skills program in a physical education context. Learning and Instruction, The final version of the paper can be found. 18, 528-536.

Puli, D., et.all, (2011).Analysis and evaluation of training effectiveness.Human Resource Management Research, vol 1, pp 1-7.

Putu S. (2011). Pendidikan vokasi dan pengembangan bakat.Banjar kalon Mugoharjo.Yogyakarta.

Saleh, M. (2012).Pendidikan nonformal, dimensi dalam keaksaraan fungsional, pelatihan, dan andragogi.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Stufflebam, D. L., et al. (1986). Evaluation models: viewpoint or educational and human services evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.

Tristanti.,& Suryono. Y. (2014) Evaluasi Program Kecakapan Hidup Bagi Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Kutoarjo.Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan,vol 1, pp 2355-1615.


Article Metrics

Abstract view : 322 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat Panitia

Ruang Dosen Jurusan PLS FIP UNM

Gedung kantor Fakultas Ilmu Pendidikan

Jl. Tamalate I Tidung Makassar Kampus IV UNM Sektor Tidung

ISBN : 9786025339707