Pengaruh Masa dan Pengalaman Mengajar terhadap Kompetensi Sosial Dosen PIP Makassar

Jumardin Jumardin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh masa mengajar dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi sosial Dosen PIP Makassar. Metode penelitian ini adalah Metode penelitian adalah expo fakto dengan menggunakan instrument yaitu instrumen untuk menjaring data-data dosen dan instrumen untuk mengukur kompetensi sosial dosen dengan analisis deskriptif, homogenitas varians, analisis anova, dan Homogeneous subsets. Hasil penelitian ini adalah masa mengajar mempengaruhi kompetensi dosen, yang terdiri tiga kelompok masa mengajar mempengaruhi tingkat kompetensi dosen PIP Makassar yaitu 5 tahun dan antara 5 – 10 tahun  serta masa mengajar di atas 10. Hasil analisis homogeneous subsets terhadap kelompok masa mengajar menyatakan bahwa kelompok masa mengajar kurang dari 5 tahun, antara 5 – 10 tahun dan di atas 10 tahun menunjukkan secara nyata perbedaan dalam pencapaian kompetensi dosen secara umum yaitu semakin besar pengalaman dan masa mengajar maka semakin besar kompetensi sosial yang dimiliki dosen.

Keywords


Masa mengajar; pengalaman Mengajar; dan Kompetensi sosial

Full Text:

PDF

References


Argyle, M. (1994). The psychology of interpersonal behaviour (5th ed.). London, UK: Penguin.

Andinta, Erlinayanti. 2012. pengaruh latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar dan etos kerja guru terhadap kompetensi profesional guru pkn di sma negeri di kabupaten magelang. s1 thesis, universitas negeri yogyakarta. Laporan penelitian

Eigenbrode SD, O’Rourke M, Wulfhorst JD, Althoff DM, Goldberg CS, Merrill K, et al. (2007) Employing philosophical dialogue in collaborative science. Biosci. 57(1):55–64.

Mulyana, Agung, Didik, 2005, Studi Tentang Kemampuan Kerja, Iklim Organisasi, dan Motivasi Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Semarang. Online. http://eprints.undip.ac.id/1475 0/1/img-517074358.pdf

Loma Dictionary, 1998. LOMA's Competency Dictionary. Journal of the American Society of. CLU

Hoermann, Hans Juergen, and Panja Goerke. 2014. “Assessment of Social Competence for Pilot Selection.” International Journal of Aviation Psychology 24 (1): 6–28. https://doi.org/10.1080/10508414.2014.860843.

Jumardin. 2018. “Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Dosen.” Indonesia Journal of Learning Education and Counseling 1 (1): 76–84.

Kirby, Caitlin K., Patricia Jaimes, Amanda R. Lorenz-reaves, and Julie C. Libarkin. 2019. “Development of a Measure to Evaluate Competence Perceptions of Natural and Social Science.” PLoS ONE, 1–16. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0209311.

Robbins, Stephen. 1990. Perilaku Organisasi, Jakarta : Prehalindo

Tajfel, H. (1981). Human groups and social categories. Cambridge, UK: Cambridge University Press. Science.” PLoS ONE, 1–16. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0209311.




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i1.8187

Article Metrics

Abstract view : 46 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

081241370423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh:

   

 

 

 

PIR My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.