Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik SDN 008 Camba – Camba Kabupaten Polewali Mandar

Nurhaida Rahman(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i1.8090

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui seberapa besar hasil belajar penggunaan model pembelajaran  Role Playing peserta didik kelas IV SD Negeri 008 Camba-camba; (ii)  mengetahui seberapa besar hasil belajar penggunaan model pembelajaran  Inside Outside Circle peserta didik kelas IV SD Negeri 008 Camba-camba; (iii)  mengetahui pengaruh model pembelajaran  Role Playing dan Inside Outside Circle  terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 008 Camba-camba Kabupaten Polewali Mandar.Jenis penelitian merupakan pre-eksperimen, dengan model pre-test post-test one group design. Instrument penelitian berupa test hasil belajar (pretest dan posttest), dan lembar kegiatan aktivitas siswa. Data Analisis deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajarnya. Analisis statistik inferensial uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi berganda dan (uji-t) digunakan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle terhadap hasil belajar ips peserta didik melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di SDN 008 Camba – camba Kabupaten Polewali Mandar sebelum menggunakan model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle berada pada kategori sangat rendah (2) kemudian terjadi peningkatan hasil belajar IPS peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SDN 008 Camba – camba.


Keywords


Pengaruh model pembelajaran; Role Playing; Inside Outside Circle

Full Text:

PDF

References


Abustam, M.I, dkk. 2006. Pedoman Praktis Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Achmad Rifa’I dan Chatarina Tri Anni.2009, Psikologi pendidikan.Semarang Unnes Press.

Anni, Catharina Tri. 2009. Psikologi Belajar. Semarang : UNNES.

Arends, Richard I. 2008. Leaning To Teach. Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2003). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi 2012. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1986. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Binaksara.

Bobby De Porter & Mike Hemacki, dkk. 2000. Quantum Learning. Kaifa. Bandung.

Bloom, Benjamin S., etc. 1956. Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Depdiknas. 2008. KTSP. Hasil Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Djodjo Suradisastra, dkk. (1991). Pendidikan IPS III. Jakarta: Depdikbud.

Enok Maryani, Helius Syamsudin. (2009). “Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial”. Jurnal Penelitian. Vol. 9. No. 1, 5.

Gunawan, Rudi (2011). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Huda, M. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, H. Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNNESA University Press.

Hasan, Hamid. 2009. Pembelajaran Pendidikan IPS di Sekolah Dasar. dala http://www.pembelajaran.wordpress.com/ Internet diakses tanggal 22 Maret 2018.

Lestari, Anita. 2012. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Role Playing Bagi Siswa Kelas III SDN Plosoarang 01 Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. (online). (http://penelitiantindakankelas07.blogspot.com/2014/04/hasil-belajar-siswa.html?m=1, diakses 12 Februari 2018)

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

Kagan. 2004. Pembelajaran Pendidikan IPS di Sekolah Dasar. dalam http://www.pembelajaran.wordpress.com/ Internet diakses tanggal 22 Maret 2018.

Moedjiono, Moh. Dimyati. 1991/1992. Strategi Belajar Mengajar.

Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Nani, Rosdijati. dkk. 2010. Praktik Paikem IPS SD. Jakarta: Erlangga

Nasution Sumaatmadja. (2002). definisi IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.

Ni Km. Tri Virgawati, I Md.Suarjana, Dw Nym. Sudana. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. Singaraja: E-Journal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar Pgsd, 5 (2).

Purwanto 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rosdiani, Dini. (2012). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Al Fabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta : Kencana.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Santoso, Singgih. 2011. Statistik Deskriptif: Konsep dan Aplikasi dengan Microsoft Exel dan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Sapriya, dkk, Konsep Dasar IPS, Bandung: UPI Press, 2006.

Spencer, Kagan. (1993). Cooperative Learning. San Juan Capistrano, Kagan Cooperative Learning.

Sudjana. 2009. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugihartono, dkk. .2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.Sugiyono.2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sumantri, Numan. (2001). Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya.

Suparno. 2001. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Publisher.

Suprijono, Agus. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Ihsan Madani.


Article Metrics

Abstract view : 358 times | PDF view : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: