Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning Berbasis Kelompok Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Nomor 209 Tappalalo Kabupaten Jeneponto

Syarifah Aeni Rahman, Abd Rajab

Abstract


Pembelajaran metode outdoor learning merupakan suatu kegiatan di luar kelas yang menjadikan pembelajaran di luar kelas menarik dan menyenangkan, dapat dilakukan dimanapun dengan menenkankan proses belajar berdasarkan fakta nyata dengan cara materi pembelajarannya secara langsung dialami oleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran secara langsung dengan harapan peserta didik lebih menumbuhkan makna dan kesan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental research (penelitian eksperimen semu) dengan melibatkan dua kelompok yaitu satu kelompok sebagai kelompok kontrol dan satu sebagai kelompok eksperimen. Pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan di dalam ruang kelas dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Sedangkan pada kelas eksperimen pembelajaran dilakukan di luar ruangan kelas dengan menggunakan media langsung berupa lingkungan sekitar dengan mengajak siswa mengunjungi kebun seperti berbagai macam kebun yang ada di lingkungan sekolah yaitu kebun sayur dan juga siswa mengunjungi sungai yang berada di lingkungan sekolah serta melihat gunung yang terlihat dari lingkungan sekolah. Prosedur pada pembelajaran IPS melalui metode outdoor learning dilakukan sesuai dengan prosedur eksperimen yang dikategorikan kedalam kelompok eksperimen metode pembelajaran outdoor learning berbasis kelompok dan kelompok kontrol metode pembelajaran konvensional. Hasil yang dalam penelitian ini yaitu penggunaan metode outdoor learning  berbasis kelompok berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Inpres No. 209 Tappalalo Kabupaten Jeneponto.


Keywords


Outdoor Learning; Berbasis Kelompok; Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Barron, P. 2013. Aktivitas Permainan dan Ide Praktis Belajar Luar Kelas. Jakarta: Erlangga

Bundu, Patta. 2008. Aplikasi Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Makassar: Samudra Alif-Mim.

Erman, Suherman, dkk. 2013. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Erna, Dwi. 2010. Profesionalisme Guru dalam Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Gagne, Briggs. 1979. Principles of Instructional Design. Second Edition, New York: United State of America.

Grondlund, N.E & Lin, R.I. 1999. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Macmillan

Husama. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning.Jakarta: Prestasi Pustaka.

Nurgiantoro, Burhan. 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah: Sebuah Pengantar Teoretis dan Pelaksanaan. Yogyakarta: BPFE.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sapriya. 2012. Pendidikan IPS: Konsep & Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Surachmad, Winarno. 1976. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metoda Teknik. Bandung: Tarsito.

Widayanti. Ninik. 2002. Efektifitas Pembelajaran Geografi melalui Metode Outdoor Study dalam Upaya Meningkatkan Belajar Siswa. (http://pakguruonline.pendidikan.net) diakses pada tanggal 1 Februari 2018.




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i1.8019

Article Metrics

Abstract view : 50 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

081241370423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh:

   

 

 

 

PIR My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.